MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KOMPETENSI

  1. Konsep dasar :

Inti dari Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi atau Competency-Based Human Resources Management adalah kompetensi.

Kompetensi merupakan sebuah konsep yang dapat diartikan sebagai kombinasi antara ketrampilan ( skills ), atribut personal ( personal’s attribute ), dan pengetahuan ( knowledge ) yang tercermin melalui perilaku kinerja ( job behaviour ), yang dapat diamati,diukur dan dievaluasi.

Kompetensi merupakan faktor penentu keberhasilan kinerja. Fokus kompetensi adalah perilaku yang merupakan aplikasi dari ketrampilan, atribut personal, dan pengetahuan.

  1. Latar Belakang :

Pemicu utamanya adalah strategi organisasi / perusahaan untuk menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat pula (to place the right man on the right place ) atau untuk memastikan kualitas karyawan pada posisi yang tepat.

  1. Definisi :

MSDMBK adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian aktivitas tenaga kerja mulai dari rekruitmen sampai dengan pensiun di mana proses pengambilan keputusan – keputusannya didasarkan  pada informasi kebutuhan kompetensi jabatan dan kompetensi individu untuk mencapai tujuan orgaisasi / perusahaan.

  1. Tujuan :

Untuk memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan dan sasaran organisasi / perusahaan dengan standart kinerja yang telah ditetapkan.

 

  1. Prinsip :

Menyatukan berbagai hal, seperti fungsi – fungsi manajemen kinerja, rekruitmen, pengembangan, rencana karier, evaluasi karyawan, rencana suksesi dan sistem kompensasi ( renumerasi ) juga sistem pensiun.

Setiap program yang ada di setiap fungsi, baik itu manajemen kinerja, rekruitmen, pengembangan, rencana karier, evaluasi karyawan, rencana suksesi, dan sistem  kompensasi ( renumerasi ), sistem pensiun, menunjukkan konsekwensi saling  berhubungan dan saling mendukung antara yang satu dengan yang lainnya.

  1. Jenis Kompetensi :

Secara garis besar, ada 2 macam kompetensi, yaitu :

  1. Kompetensi manajerial ( soft competency ): yaitu jenis kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan untuk mengelola karyawan, dan membangun interaksi dengan orang lain. Misal :kemampuan problem solving ( pemecahan masalah ), leadership ( kepemimpinan ), dan communication ( komunikasi dengan orang lain )dll.
  2. Kompetensi teknis ( hard competency ) : yaitu kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan fungsional pekerjaan yang berhubungan dengan seluk beluk teknis yang berkaitan dengan pekerjaan yang ditekuni. Misal : kemampuan marketing ( pemasaran ), electrical, akuntansi dll.
  1. Karakteristik :

Adapun karakteristik dari MSDMBK adalah :

  1. Berfokus pada organisasi / perusahaan :

Suatu organisasi  / perusahaan membutuhkan kunci kompetensi, sehingga dapat meraih hasil seperti yang diharapkan.

  1. Yang terbaik dijadikan referensi :

Diasumsikan bahwa, karyawan  yang mempunyai kinerja terbaiklah yang dijadikan referensi bagi karyawan lainnya.

  1. Kompetensi itu didesain, bukan dikonsultasikan :

Organisasi / perusahaan, menginginkan karyawannya dapat mencapai hasil seperti yang telah ditetapkan, sehingga diperlukan standart kompetensi, yang dapat dilakukan melalui peningkatan pengetahuan dan training (pelatihan).

  1. Ruang Lingkup Pengelolaan Kompetensi:

a.       Organisasi dan uraian jabatan

b.      Pengelolaan kamus kompetensi yang mencakup kompetensi manajerial ( soft competency ) dan kompetensi teknis ( hard competency ).

c.       Pengeloaan data jabatan, kebutuhan kompetensi jabatan, dan penentuan level kebutuhan kompetensi jabatan.

d.      Pengeloaan data pegawai dan kompetensi individu.

e.       Aplikasi gap and match competency.

f.       Aplikasi sistem perencanaan karier ( jalur karier, rotasi, promosi,dan suksesi ).

g.      Aplikasi sistem manajemen kinerja.

  1. Langkah –langkah dalam melaksanakan MSDMBK/ CBHRM

a.       Identifikasi posisi.

b.      Analisis pekerjaan dan kegiatan.

c.       Identifikasi secara detail sebagai kebutuhan awal.

d.      Identifikasi kompetensi yang dibutuhkan untuk suatu posisi.

 

e.       Memprioritaskan kompetensi dengan menggunakan :

–          Sistim rangking

–          Sistim pembobotan.

f.       Membuat standart kinerja minimum untuk suatu kompetensi.

g.      Mengidentifikasi kandidat yang potensial.

h.      Membandingkan tiap – tiap kandidat dengan menggunakan standart kinerja minimum.

i.        Melakukan gap analysis pada tiap – tiap kandidat ( analisis untuk dapat mengetahui perbedaan antara kandidat yang satu dengan yang lain )  dengan menggunakan standart kinerja minimum.

j.        Melakukan triaining untuk rencana pengembangan pada tiap – tiap kandidat untuk meng up – grade para kandidat, dalam rangka proses pengembangan standart kinerja minimum dan pengembangan karier.

k.      Mendesain sistem monitoring kinerja secara individual maupun secara global pada kandidat.

l.        Mengimplementasikan training dan rencana pengembangan pada tiap – tiap kandidat.

m.    Mengimplementasikan sistem monitoring pengukuran kinerja.

n.      Memilih the best candidate ( kandidat terbaik ).

 

 

 

 

Referensi :

Consultant,Aida,2010,Competency – Based Human Resources Management,http://www.aidaconsultant.com/news_events/public.cbhrm.htm diakses tgl 10.03.2011.

…………,2010,Competency – Based Human Resources Management,http: www.cinterfor.org.uy/public/english/region/ampro/cinterfor/publ/papel/13/pdf/part/_f.pdf diakses tgl 10.03.2011.

………,2010.Competency – Based Human Resources Management (CBHRM),http:www.migas – Indonesia.com/index.htp?module = article&tub = article&act = viewzid = 2012 diakses tgl 10.03.2011.

Setyowati,Endah,2010,Pengembangan SDMBK Solusi Untuk Meningkatkan KinerjaOrganisasi,http:blog.fitb.ac.id.//lerpm/wpcontent/upload/2010/03/pengembangan-sdm-berbasis-kompetensi-pdf diakses tgl 11.03.2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: