DAHSYAT BERDAHWAH

Rabu, 28 Juni 2011 jam 08.00 di stasiun RCTI ada sebuah acara musik yaitu Dahsyat. Dahsyat, yang biasanya membicarakan lagu-lagu Indonesia dengan bintang tamu penyanyi dan band. Penggemar Dahsyat sebagian besar adalah Anak Baru Gede (ABG) dan remaja. Kedua masa tersebut merupakan masa aktif dalam kehidupan manusia.

Ada yang berbeda pada hari itu, dengan hadirnya Ustad Jefri Albukhori (sebut saja Uje). Uje hadir di Dahsyat dalam rangka memperingati Isro Miroj Nabi Muhammad SAW, beliau memberikan tausiyah mengenai solat dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Uje memaparkan tausiyahnya dengan gaya khas beliau melalui bahasa yang mudah dipahami, dipadukan dengan canda tawa, dan kadang-kadang bahasa gaul, namun tetap serius dihadapan para pemirsa di studio dan di rumah.

Dakwah adalah penyiaran agama dan pengembangan di kalangan umat/ masyarakat, sedangkan berdakwah adalah menyiarkan agama kepada masyarakat (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Secara bahasa berdakwah termasuk kata kerja, menunjukan bahwa berdakwah membutuhkan daya, pikiran, tenaga, materi dan lainnya. Tanpa adanya suatu pergerakan penyiaran agama, bukanlah termasuk dakwah.

Berdakwah tak harus di masjid. Tak semua orang muslim memakai baju koko dan berpeci dalam kehidupan sehari-hari. Orang muslim harus menjaga keimanannya setiap hari. Alangkah, baiknya Iman seorang muslim bertambah atau stabil setiap harinya. Dalam bahasa agama dikenal dengan istiqomah. Banyak sekali orang muslim di sekitar kita, namun belum tentu keimanannya istiqomah.

Saya sangat mengapresiasi Dahsyat saat itu dan Uje, karena memberikan kontribusi bathiniah yang dibingkai secara dhohiriah melalui acara entertainment. Hal ini juga merupakan tantangan bagi sebuah pendakwah, bahwa masyarakat sekarang bersifat dinamis dalam berdakwah juga dinamis. Paradigma dakwah tak semata-mata di masjid saja, harus dikembangkan. Dakwah dapat dilakukan di mana saja dan situasi apa pun.

Ustad gaul, sebutan beliu dapat berinteraksi dengan pemirsa studio. Dengan komunitas ABG, beliau dengan mudahnya memberikan suguhan agamis di acara hiburan. Bahkan Olla Ramlan sebagai host sempat meneteskan air mata ketika beliau berdakwah. Ini artinya, pesan beliau sangat menyentuh hati Olla Ramlan.

Dengan adanya acara seperti itu, diharapkan orang dapat mempelajari agama akan lebih mudah. Peranan media sangat membantu dalam menyampaikan pesan agama pada masyarakat. Mudah-mudahan semakin banyak acara lain yang di dalamnya mengandung nilai dakwah, maka semakin banyak pula orang yang belajar agama, sehingga dapat mengistiqomahkan bahkan meningkatkan iman seorang muslim. Amien

 

Penulis,

Agung Kuswantoro, S.Pd

Alamat Jalan RE Martadinata 84 RT 01/ VIII Pelutan Pemalang 52311

Iklan

4 Komentar (+add yours?)

  1. dani
    Jul 19, 2011 @ 02:31:08

    usul punya usul,,,,,gimana klo gak hanya pas Isro’ Mi’roj aja,,,,gmana klo pas ramadhan juga,,,,1 minggu sekali, Dasyat yang biasanya bintang tamunya penyanyi 2 top Indonesia diganti dengan menghadirkan ustadz ustadz kondang Indonesia,,,,mungkin bagus juga jika tidak hanya di Bulan Ramadhan,,,,di Bulan2 lainnya juga,,,,pasti menarik minat anak muda,,,,,katanya dakwah gak selalu di masjid? =)

    Balas

    • agung kuswantoro,agungbae123
      Jul 19, 2011 @ 07:55:04

      setuju,,,,,tapi pengunjung juga menyesuaikan

      Balas

      • dani
        Jul 20, 2011 @ 12:03:35

        klo masalah tema acara itu bener harus menyesuaikan,,,,,klo untuk masalah batasan pengunjung saya juga setuju,,,,tapi klo misal pengunjung harus dibatasi mana yang boleh mana tidak saya kurang setuju,,,,,saya pengennya semua kalangan bisa menikmati sehingga akan timbul pencitraan bahwa Islam itu indah, Islam untuk semua, selain itu juga bisa mengubah persepsi anak muda klo ternyata dakwah itu bisa menyenangkan ga kaku yang pesertanya hanya bapak2 dan ibu2 melulu2.

      • agung kuswantoro,agungbae123
        Jul 21, 2011 @ 12:54:29

        nah kamu aja jadi ustadnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: