Pelatihan Bahan Ajar dan RPP Berbasis Karakter

Kompetensi pendidik meliputi kompetensi profesional, akademik, pedagogik, dan sosial. Salah satu peningkatan kompetensi pedagogik adalah pembuatan bahan ajar dan RPP. Tugas penting pendidik adalah mewujudkan kompetensi siswa, menentukan materi ajar, memilih bahan ajar dari sumber yang tepat, mengukur capaian kompetensi siswa, dan memastikan keseluruhan proses pembelajaran berlangsung dengan baik.

Seiring dengan kebijakan pemerintah pada saat sekarang, perlunya ada internalisasi nilai-nilai karakter dalam pendidikan. Karakter adalah kepribadian seseorang yang terbentuk melalui integrasi antara pemahaman, sikap terhadap nilai-nilai tertentu dan perilaku sehari-hari. Salah satunya dengan memasukkan nilai-nilai karakter pada bahan ajar dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Nilai-nilai karakter yang dimaksudkan adalah sifat atau watak yang harus dicapai dalam  pembelajaran. Oleh karena itu, pada tanggal 29 Oktober 2011 di SD Lamper Kidul 03 diadakan pelatihan penyusunan bahan ajar dan RPP berbasis karakter pada guru-guru SD Gugus Jenderal Sudirman UPTD Pendidikan Kecamatan Semarang Selatan.

Pelatihan tersebut merupakan kerja sama antara Tim Pengabdian Masyarakat FE Unnes dan Gugus Jenderal Sudirman Kecamatan Semarang Selatan. Pelatihan bahan ajar berbasis karakter disampaikan oleh Prof. Dr. Joko Widodo, M. Pd, dan pelatihan RPP berbasis karakter disampaikan oleh Dra. Murwatiningsih, MM.

Prof. Dr. Joko Widodo mengemukakan bahwa bahan ajar merupakan informasi, alat, dan teks yg diperlukan guru selama proses pembelajaran. Fungsinya membantu guru dalam mencapai kompetensi siswa. Oleh karena itu, bahan ajar harus disusun secara sistematis.

Bahan ajar berbasis karakter adalah bahan ajar  yang memungkinkan seorang guru mampu menyajikan materi ajar sedemikian rupa sehingga siswa mampu memahami, menentukan sikap, dan berperilaku sesuai dengan bahan ajar tersebut Dalam hal ini bahan ajar berfungsi sebagai alat untuk membentuk kompetensi, membentuk karakter, alat ukur penilaian, dan pondasi bagi karakter yang lebih tinggi pada materi berikutnya.

Dra. Murwatingsih, MM mengemukakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup 1 kompetensi dasar yang terdiri atas 1 atau beberapa indikator untuk 1 kali  pertemuan atau lebih.

Prinsip-prinsip dalam penyusunan RPP meliputi memperhatikan perbedaan individu peserta didik, mendorong partisipasi aktif peserta didik, mengembangkan budaya membaca dan menulis, memberikan umpan balik dan tindak lanjut, keterkaitan dan keterpaduan antar komponen-komponen RPP,  dan menerapkan teknologi informasi serta komunikasi.

Dalam pelatihan ini diharapkan guru-guru SD dapat menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada setiap mata pelajaran yang diampu sesuai dengan budaya lingkungan sekolah. Karakter itu perlu dibangun dan perlu dibudayakan, salah satunya dengan memasukkannya pada bahan ajar dan RPP.

5 Komentar (+add yours?)

  1. Agus Sari Henny
    Jan 26, 2012 @ 13:15:34

    Saya berminat sekali untuk mengikuti pelatihan karakter apalagi dalam membuat Bahan ajar yang berbasis karakter Kapan pelatihan ini ada di makassar ?

    Balas

  2. jaryono
    Feb 25, 2012 @ 01:21:37

    apa selama ini kita para guru mengajar tanpa karakter………..koq baru sekarang ramai-ramai bicara karakter………

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: