PELATIHAN SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) BAGI GURU SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS GURU

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian kepada Masyarakat FE Unnes di SMK Muhammadiyah 1 Semarang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam hal penelitian. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman tentang pengolahan data. Dalam hal ini adalah pengolahan data dengan menggunakan SPSS. Sehingga para guru dapat meningkatkan profesionalisme, yang tidak hanya mengajar.

agung kuswantoro

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dilaksanakan dalam bentuk pelatihan program SPSS. Khalayak sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah guru SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Metode kegiatan yang dignakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah/diskusi dan praktek.

Pelatihan ini berlangsung sesuai dengan yang telah direncanakan dan tujuan dari pelatihan juga dapat dicapai. Peserta pelatihan setelah mengikuti pelatihan dapat memahami pentingnya pengolahan data yang lebih praktis dan mudah dengan komputerisasi.

Saran dari kegiatan adalah (1) Pemahaman dan keterampilan pada guru dalam pengolahan data melalui SPSS belum optimal, karena bagi para guru program SPSS merupakan hal yang baru. Bahkan para guru beranggapan bahwa pengolahan data yang biasanya dengan statistika merupakan ilmu yang sulit. Padahal dengan program SPSS, ilmu statistika menjadi lebih mudah dan efektif. (2) Dengan pengetahuan dan pemahaman yang sudah dimiliki tentang pengolahan data dengan program SPSS, diharapkan para guru dapat meningkatkan profesionalismenya dalam hal penelitian. (3) Kepada pihak-pihak yang terkait seperti LPM Unnes dan Sekolah, supaya memberikan tindak lanjut pelatihan yang lebih mendalam dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang materi  SPSS yang lain seperti regresi, program akuntansi keuangan yaitu MYOB, kompax, visual basic dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: