PENDAMPINGAN PENGELOLAAN KEARSIPAN DALAM UPAYA PENINGKATAN TERTIB ADMINISTRASI PADA PEMERINTAHAN DESA DI KELURAHAN KEDUNGBOTO KEC. LIMBANGAN KAB. KENDAL

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh TIM Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Kedongboto bertujuan untuk mendampingi para aparat atau perangkat, berkaitan dengan pengelolaan kearsipan, mewujudkan tertib administrasi dalam pemerintahan di Desa Kedungboto Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Manfaat dari kegiatan ini memberikan kontribusi positif terhadap aparatur atau perangkat Pemerintahan desa dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya yang berkaitan dengan ilmu administrasi bidang kearsipan, menambah pengetahuan dan keterampilan para aparatur atau perangkat Pemerintahan desa dalam bidang kearsipan.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan dengan pendampingan. Khalayak sasaran dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Aparat dan Perangkat Desa Kedongboto Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Metode kegiatan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah dan praktik.

Penyuluhan ini berlangsung sesuai dengan yang telah direncanakan dan tujuan dari penyuluhan juga dapat dicapai. Peserta penyuluhan setelah mengikuti penyuluhan dapat memahami pentingnya pengetahuan dan keterampilan dalam surat menyurat dan kearsipan menuju tertib administrasi bagi para aparatur atau perangkat pemerintahan desa di Kedongboto, dengan didukung tahap pendampingan maka dipastikan teori yang sudah didapatkan dapat diterapkan sehinggan terwujud apa yang menjadi tugas dari aparat pemerintah dalam melayani masyarakat dengan lebih efektif dan efisien.

Saran dari kegiatan ini adalah (1) Dengan pengetahuan dan pemahaman yang didapat dari pendampingan, diharapkan aparat dan perangkat desa di Desa Kedongboto Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal dapat menjadi dasar dalam menjalankan tugas, fungsi dan tanggungjawab sebagai abdi masyarakat yang lebih baik dan profesional. (2) Dengan pengetahuan dan pemahaman yang sudah dimiliki, disarankan untuk lebih meningkatkannya di bidang pelayanan dalam wujud adanya kepuasan dari masyarakat. (3) Kepada pihak-pihak yang terkait  dengan Aparat dan Perangkat Desa, supaya memberikan tindak lanjut pendampingan pembekalan yang lebih kompleks dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman yang berkaitan dengan surat menyurat dan tertib administrasi yang efektif dalam Organisasi Pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: