PUBLIC SPEAKING SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS POTENSI DIRI DALAM PEMBELAJARAN KOMUNIKASI ORGANISASI

Untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan membangun karakter mahasiswa berbasis potensi diri, dosen harus selalu inovasi dan improvisasi mengenai strategi pengajarannya di kelas. Stretegi pembelajaran tersebut tidak harus sama untuk setiap kelas atau setiap mahasiswa, strategi pembelajaran tersebut adalah customized sesuai dengan kondisi dan kemampuan dari anak didik. Salah satunya dengan pembelajaran .pendidikan karakter berbasis potensi diri melalui public speaking pada Mata Kuliah Pengantar Komunikasi Organisasi. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter berbasis potensi diri melalui public speaking (2) Untuk mengetahui sejauhmana implementasi pendidikan karakter berbasis potensi diri melalui public speaking dapat meningkatkan kualitas pembelajaran komunikasi organisasi. Manfaat praktis dari penelitian ini ialah memberikan masukan kepada dosen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada mahasiswa yang berbasis pendidikan karakter, dan memberikan masukan kepada penyelenggara pendidikan tinggi dalam mengambil kebijakan kurikulum yang berbasis pendidikan karakter Penelitian ini dilaksanakan pada program studi pendidikan administrasi perkantoran dengan waktu penelitian pada semester Genap 2010/2011. Jumlah mahasiswa adalah dua rombongan belajar yaitu sejumlah 110 orang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan (a) perencanaan (b) pelaksanaan (c) observasi (d) refleksi selama dua kali. Teknik Pengumpulan data yang dipergunakan dalam mengumpulkan data primer dan sekunder yaitu (a) pedoman Observasi/pengamatan, (b) pedoman wawancara yang akan dilakukan oleh (1) dosen kolaboratif (satu tim) kemudian sebagai pengamat mengidentifikasikan bagaimana pelaksanaan (2) mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini, (c) pedoman dokumen : lembar observasi, kuisioner terbuka, lembar penilaian pembelajaran kontektual, kuis atau tes prestasi belajar, dan catatan dosen/jurnal. Langkah-langkah dalam analis data menurut meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada keadaan awal mahasiswa yang mencapai belajar tuntas hanya 45%, pada siklus pertama yang mencapai belajar tuntas 49,5%, dan pada siklus 2 yang mencapai belajar tuntas 93,7%. Keterampilan dosen dalam pengelolaan pembelajaran menunjukkan peningkatan dari nilai 78 menjadi 88. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis potensi diri dengan public speaking dapat meningkat potensi mahasiswa seperti kepercayaan diri ketika berbicara di depan umum, antusiasme mahasiswa dalam berbicara, adanya pengekspresian diri sesuai dengan materi yang disajikan mahasiswa, dan lainnya. Simpulan pada penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter berbasis potensi diri melalui public speaking pada pembelajaran komunikasi organisasi sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran komunikasi organisasi. Hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar mahasiswa yang meningkat, aktifitas siswa dalam pembelajaran meningkat dan kemampuan dosen dalam pengelolaan pembelajaran juga meningkat. Selain itu, Public speaking dapat membangkitkan potensi mahasiswa dalam berbicara di depan umum. Mahasiswa merasa lebih percaya diri, antusias, tidak takut bertanya, dan lebih memahami kondisi ketika di depan umum. Hal ini sangat berguna bagi mahasiswa ketika berkomunikasi di depan umum dan khalayak. Saran dalam penelitian ini adalah public speaking masih ada kelemahan pada mahasiswa yang ketidakpercayaan diri pada potensi. Disarankan, Mahasiswa yang merasakan belum percaya diri untuk berlatih dan memahami materi sebelum tampil di depan umum. Dalam pembelajaran dengan public speaking masih ada kekurangan pada ketidaksiapan mahasiswa, sehingga ketika berkomunikasi di depan umum mahasiswa merasakan tegang atau tidak nyaman. Disarankan bahwa mahasiswa jangan beranggapan bahwa komunikasi di depan umum bukanlah hal yang mudah. Komunikasi di depan umum dibutuhkan perencanaan dan persiapan yang baik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: