Menegaskan Muharrom, bukan Diharamkan

Oleh Agung Kuswantoro

Asuro berasal dari kata Asyaro artinya sepuluh, maksudnya tanggal sepuluh bulam Muharom. Di bulan ini orang menganggap sebagi bulan yang sakral, khususnya bagi Javanis. Jika kita meihat beberapa riwayat, memang di bulan ini banyak sekali ke Istimewaan-keistiwaan yang luar biasa di alami oleh beberapa Nabi seperti di ampuninya dosa Nabi Dawud pada Asuro, disembuhkan penyakit Nabi Ayyub pada Asyuro, dimulainya dakwah Nabi Musa pada Asyuro, dan lainnya (Kitab Jawahir).

Memang, tidak ada penulis belum bisa mengkaitkan antara yatim dan asyuro…Namun berdasarkan pengalamannya sebagai Yatim, biasanya di bulan ini atau tanggal 10 bahwa orang muslim berbondong-bondong memberikan sedekah pada anak yatim, dengan membelai rambutnya. Karena ada keyakinan pada mereka dengan membelai rambut akan mendapatkan pahala sebanyak pahala dari sejumlah rambut tersebut.

Hal yang perlu kita ketahui adalah muharrom iitu artinya haram, haram dalam artian mensucikan. Banyak istilah haram kita gunakan bukan untuk dijauhi akan tetapi, mensucikan. Contoh masjidil haram, bukan diartikan masjid kok haram, tapi masjid yang suci. Di masjid tersebut dilarang untuk membunuh hewan, dilarang untuk mencabut tanaman, dilarang dan dilarang. Contoh lain adalah takbirotul ihrom, bukan diartikan takbir yang haram, tapi setelah kita takbir maka kita diramkan untuk makan, minum, bicara, dan lainnya. Demikian bulan Muharram,,,,bukan berarti diharamkan dalam duwe gawe, mungkin orang bermaksud memuliakan bulan itu.

Dulu di jaman Nabi di bulan Muharram dilarang untuk perang, hal ini dimaksudkan agar orang untuk rajin beribadah dan mempernayak amalan-amalan. Mari kita muliakan bulan ini dengan mendekatkan diri pada Alloh, memperbanyak ibadah, dan menyantuni anak Yatim (Waallohu Alam bissowab)

Penulis : Orang yang lagi Belajar Agama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: