Membuka dan Dibuka

Membuka berasal dari kata buka, yang mendapat kata me-. Dalam bahasa Indonesia awalan me- menunjukan “aktif”, seperti dalam kalimat saya membuka baju. Artinya, saya yang melakukan pekerjaan membuka baju, saya yang secara sadar melakukan perbuatan itu. Sedangkan dibuka, sama-sama juga berasal dari kata buka, yang membedakan hanya awalan di- menunjukkan pasif, seperti Saya dibukakan baju oleh Ibu, artinya saya tidak melakukan pekerjaan membuka baju, yang melakukan pekerjaan tersebut itu adalah Ibu, saya hanya diam, Ibu yang membukakan baju.

Maksudnya adalah ketika sesorang dalam melakukan hidupnya lebih baik memilih imbuhan me-, seperti Angelina Jolie, ketika diwawancara oleh sebuah TV, dia membuka masa lalunya yang penuh dengan dunia hitam. Beliau hobby melakukan penyayatan pada diri sendiri dengan kekasihnya, beliau pernah terjerus narkoba, beliau sangat membenci Ibunya, yang waktu itu beliau masih kecil dan orang tuanya bercerai, dan lainnya.

Demikian juga Ustad Gymnastiar, yang kita panggil AA GYM, barusan yang saya lihat berita di TV jam 06.00 di stasiun TV swasta pada tanggal 13 April 2012, mengatakan bahwa dulu beliau terlena dengan popularitas, dalam berdakwah lebih banyak acting. Beliau mohon doa pada kita semua, mudah-mudahan saya diberi waktu oleh Alloh untuk memperbaiki kesalahan masa lalu saya. Dakwah saya biarlah Alloh yang menilai, Alloh yang meridoi, kata beliau.

Melihat kedua tokoh tersebut , kita ambil hikmahnya, bahwa beliau telah membuka yang ada pada dirinya. Keduanya, sama-sama memiliki masa lalu yang kelam, namun berusaha bangkit demi kebaikan dan masa yang akan datang. Katakanlah, Angelina, pernah menjadi duta kemanusiaan PBB, beliau memiliki anak asuh yang berlainan ras, ringan tangan, suka menolong, beliau berkunjung ke daerah miskin, dan sebagainya. Demikian juga AA Gym, dengan mengatakan masa lalunya, dia berusaha bangkit demi mencari keridoaan Alloh melalui dakwah, dakwah bukanlah acting, yang penting bagi beliau Allohlah yang menilai.

Untuk itu, marilah kita berusaha menjadi pribadi yang anggun. Setiap orang pasti memiliki kesalahan, tiada gading yang retak. Itu ungkapan bahwa, manusia tidak ada yang sempurna, yang sempurna hanyalah Alloh.

Saya ingin mengajak pada teman-teman bermain mengenai watak kita sendiri-sendiri, yang saya kategagorikan menjadi tiga jenis permainan meliputi warna, sikap, dan perilaku, total pertanyaan ada lima. Pertanyaan tersebut saya ambil dari beberapa sumber diinternet. Di mana pertanyaan ini wajib dijawab. Jika tidak dijawab, maka yang bersangkutan hanya hidupnya mungkin pasrah, tidak bergerak. Bukankan live is choise? Maka memilihlah, Berikut permainannya….klik di sini.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, saya menulis ini juga sedang belajar untuk membuka diri sendiri, sebagai mana dalam konsep johari windows bahwa daerah terbuka kita harus diperlebar, di situ ada beberapa kemampuan, informasi, pengetahuan yang harus kita buka untuk sesama manusia. Semoga kita menjadi pribadi yang selalu bermanfaat bagi sesama manusia. Amin Penulis : Agung Kuswantoro, Pengajar Administrasi Perkantoran FE Unnes

Tinggalkan Balasan

