BAB V,,,,stenografi

BAB V PENUTUP 5.1 Simpulan Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian pertama dan kedua pada soal surat dan wacana diketahui rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih baik dibanding rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol. Hal ini dapat ditunjukkan pada penelitian pertama soal surat diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 79,33 dan 65,67 pada kelompok kontrol. Uji perbedaan dua rata-rata diperoleh 5,207 dengan taraf signifikansi 0,000 dan batas kesalahan 0,05. Karena taraf signifikansi lebih kecil dari batas kesalahan yaitu 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan penggunaan media audio dalam pembelajaran Stenografi lebih efektif dibanding dengan tidak menggunakan media audio dan dapat meningkatkan hasil belajar. Demikian juga pada penelitian pertama soal wacana rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih baik dibanding kelompok kontrol. Rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 79,93 dan 64,73 pada kelompok kontrol. Uji perbedaan dua rata-rata diperoleh 6,824 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 dan batas kesalahan 0,05. Karena taraf signifikansi lebih kecil dari batas kesalahan yaitu 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan penggunaan media audio dalam pembelajaran Stenografi lebih efektif dibanding dengan tidak menggunakan media audio dan dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian kedua soal surat diperoleh rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih baik dibanding kelompok kontrol. Rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 81,80 dan 68,60 pada kelompok kontrol. Uji perbedaan dua rata-rata diperoleh sebesar 6,148 dengan taraf signifikansi 0,000 dan batas kesalahan 0,05. Karena taraf signifikansi lebih kecil dari batas kesalahan yaitu 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan penggunaan media audio dalam pembelajaran Stenografi lebih efektif dibanding dengan tidak menggunakan media audio dan dapat meningkatkan hasil belajar. Demikian juga pada penelitian kedua soal wacana rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen lebih baik dibanding kelompok kontrol. Rata-rata hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 81,93 dan 67,33 pada kelompok kontrol. Uji perbedaan dua rata-rata diperoleh 6,361 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 dan batas kesalahan 0,05. Karena taraf signifikansi lebih kecil dari batas kesalahan yaitu 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan media audio dalam pembelajaran Stenografi lebih efektif dibanding dengan tidak menggunakan media audio dan dapat meningkatkan hasil belajar. 5.2 Saran Berdasarkan simpulan di atas, ada beberapa saran dari penulis yaitu sebagai berikut: 1. Kepada para pengajar disarankan untuk mencoba menerapkan media audio pada pembelajaran Stenografi, karena pembelajaran dengan menggunakan media audio lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar. 2. Bagi mahasiswa perlu adanya penekanan bahwa Stenografi bukan mata kuliah hafalan, namun keterampilan menulis yang harus sering dilatih salah satunya dalam mengikuti perkuliahan dengan metode ceramah dapat menggunakan tulisan Stenografi untuk merekam setiap pembicaraan. 3. Perlu ada penelitian lanjutan untuk populasi yang lebih besar dan kelas-kelas yang lain sehingga simpulan penelitian berlaku untuk umum.

2 Komentar (+add yours?)

  1. riska
    Feb 12, 2013 @ 17:06:00

    kalo teori belajar yang tepat untuk steno itu teori dr siapa ? gagne ?

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: