Go Blog, Tambah Pinter

Oleh Agung Kuswantoro*

Blog merupakan fasilitas yang ada diinternet. Banyak orang memanfaatkan fasilitas ini sebagai wahana mencurahkan ide, sharing informasi, sedekah ilmu. Dengan blog orang dapat menginformasikan tentang keadaan yang ada saat itu, seperti Razan Ghazzawi memperoleh penghargaan yayasan Front Line Defenders menggunakan blog untuk mengekspos kejahatan kemanusiaan yang dilakukan oleh rezim Suriah. Selain itu, juga ada Radity Dika dengan blog pribadi yang penuh curhatan pribadinya yang sekarang dibukukan, Heidy Kalolo dengan dengan blog mode yang penuh dengan perkembangan mode terbaru.

learning blog

Learning blog merupakan blog dalam pembelajaran yang berisi materi, penugasan, instruksi pembelajaran, dan komentar materi. Kelebihan pembelajaran dengan blog adalah lebih sederhana dalam mengelola, dapat dinikmati oleh banyak orang, dapat melihat komentar orang, dan mengkonekan ke beberapa website dengan sofware gratis. Kelemahannya adalah tidak memberikan nilai secara langsung, berbeda dengan sofware e learning dengan menu yang lengkap seperti dokeos, moodle, dan lainnya.

Hal ini sebagaimana saya lakukan dengan blog saya yaitu www.agungbae123.wordpress.com, saya mengembangkan dengan berbagai menu berupa video yang saya konekan dengan youtube, materi berupa power point dan word yang saya sharekan ke 4shared, dan beberapa penugasan. Pengunjung blog setiap hari minimal 25 orang yang tidak hanya dari Indonesia, akan tetapi juga dari Amerika, Canada, Banglades, Timor Leste, dan lainnya.

Sesuatu yang menarik adalah ketika materi yang saya postingkan adalah dikomentari dari orang Makasar, di mana beliau tertarik dengan materi dan menginginkan diadakan pelatihan di tempatnya. Bagi saya, bukan uang yang dicari melalui blog, akan tetapi seberapa banyak orang dapat mengakses dan belajar. Dengan berbagi informasi dan ilmu melalui blog menjadikan pintar. Pintar karena dapat mengolah dan menganalisis informasi dalam membuat materi dan ketika orang lain membacanya. Learning Blog mengasah pada orang membaca untuk lebih kritis dalam menerima akan informasi, tak sekedar copy paste materi diblog.

Learning blog menuntut para pembaca untuk menganalisis akan pesan yang ada diposting, melatih para pembaca untuk berpendapat melalui informasi tersebut, karena pada setiap materi ada post tentang comment, di mana para pembaca dapat memberi pendapatnya. Pengelola learning blog juga dapat memilih dari informasi trend yang terbaik dari reting terbanyak dalam pencarian. Jika pengelola dapat memanfaatkan akan informasi yang trend, maka materi tersebut dapat dikembangkan menjadi buku karena dapat memuat informasi yang mendalam dari informasi tersebut.

Learning blog juga dapat menjalin silaturohim sesama blogger. Biasanya saya melakukan silaturohim blog, dengan facebook atau website di kampus yang dilinkkan ke blog. Silatorohim ini berwujud saling mengkomentari materi, meminta pendapat, dan pujian serta masukan. Learning blog tidak membutuhkan menu yang berlebihan, menu yang ditampilkan sederhana, yang terpenting adalah informasi dapat diterima oleh pembaca. Dengan silatorhim blog, menghilangkan orang kegalauan, karena pasti materi dalam blog berupa nilai-nilai informasi yang harus dianalisis, tidak sebagaimana orang mengupdate status yang mencurahkan kegalaunnya. Semoga dengan go blog melalui learning blog, kita menjadi cerdas dan pinter. Amin

* Penulis          : Pengajar dan Pengkaji Pendidikan Ekonomi, tinggal di Semarang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: