PENYIMPANAN ARSIP BERBASIS TIK DENGAN ZOHO DOCS DI KANTOR KELURAHAN SEBAGAI UPAYA TERTIB ADMINISTRASI

Ahmad Saeroji, Nanik Sri Haryati, Rima Astari

Dosen Pembimbing : Agung Kuswantoro, S.Pd.

Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang,

Semarang

RINGKASAN

Arsip yang dikelola dengan baik akan menciptakan pusat ingatan dan

sumber informasi yang akan melancarkan kehidupan dan perkembangan

organisasi. Arsip merupakan substansi penting perjalanan hidup suatu organisasi,

oleh karena itu untuk menjaga keberlangsungan yang meliputi tahap penciptaan,

penggunaan, pemeliharaan dan pemindahan serta pemusnahan, sangat diperlukan

sebuah sistem yang baik dan benar dalam mengelola arsip.

Perkembangan penanganan arsip yang efektif tidak akan terwujud ketika

pengetahuan atas tata pengelolaan arsip yang dimiliki terbatas. Pengetahuan yang

dimiliki masyarakat atas sistem pengelolaan arsip masih terbatas pada konsep

konvensional yang hakikatnya kurang efektif diterapkan pada manajemen

perkantoran saat ini, seperti pada organisasi kecil di dalam kantor kelurahan.

Berdasar atas realita tersebut kini mulai dikembangkan inovasi modern atas

pengelolaan arsip yang lebih tepat guna. Inovasi atas pengelolaan arsip tersebut

salah satunya adalah melalui sistem elektronik berbasis TIK. Pengelolaan arsip

berbasis TIK ini diharapkan mampu menjadi jalan keluar atas kepengurusan arsip

yang terstruktur dalam sebuah organisasi.

Inovasi terkait pengelolaan arsip secara modern diterapkan akan

kelancaran beragam aktivitas organisasi. Oleh karena itu, pengolah arsip

harapannya dapat memahami benar cara penyimpanan arsip berbasis TIK dengan

zoho docs. Zoho Docs diperlukan untuk menghindari faktor human error ketika

mengaplikasikan perangkat elektronik sebagai media penyimpanan arsip.

Sehingga, perlu perangkat pendukung penyimpan arsip yang lain sebagai

alternative back-up dari arsip yang disimpan dalam perangkat elektronik.

Penyimpanan arsip berbasis TIK dengan menggunakan media

penyimpanan zoho docs di kantor kelurahan sebagai upaya tertib administrasi

dalam suatu organisasi ini pada dasarnya memberikan manfaat atas efisiensi

ruang, waktu, dan biaya yang serasa sulit dipenuhi oleh organisasi pada jaman

yang serba instan ini. Selain itu, tingkat keamanan atas arsip yang disimpan

menjadi lebih terjamin.

Kata Kunci : arsip berbasis TIK, zoho docs, Kelurahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: