Komputer Maya

Mengajar praktek komputer dilabolatorium komputer tetapi tidak ada komputer menjadi permasalahan sendiri. Mahasiswa sebagai penerima informasi dari dosen tidak harus diam karena tidak media.

Sebagai dosen, saya berpikir untuk pembelajaran tetap berlangsung. Tidak ada alat, bukan berarti tidak belajar. Saya bekerja sama dengan mahasiswa untuk mendesain pembelajaran, terlebih mata kuliah ini (TIK) adalah mata kuliah baru sehingga perlu ada pendalaman filosofi terlebih dahulu.

Saya menyadari dalam diri saya masih banyak kekurangan, berdasaarkan pengalaman sewaktu mengajar di SMK mata pelajaran KKPI maka saya berinisiatif untuk sharing dengan mahasiswa mengenai kebutuhan TIK itu sendiri dalam perkuliahan.

Komputer maya, itu strategi yang kulakukan sambil menunggu komputer datang (April). Bersama dengan mahasiswa yang semuanya pandai maka saya merencanakan dan mengorganisir materi. Setelah saya belajar dan membaca ada beberap tema yang harus dikuasi oleh mahasiswa dalam TIK.

Berikut perangkat pembelajarannya (di klik ini).  Adapaun Temanya adalah sebagai berikut :

PENENTUAN TEMA TIK

BEBERAPA MENGGUNAKAN PROGRAM MICRODOF OFFICE

  1. WORD
  2. EXCEL
  3. POWER POINT
  4. ACCESS
  5. OUTLOOK
  6. EMAIL
  7. BLOG
  8. E LEARNING è MOODLE, DOKEOS,

PETUNJUK KERJA

  1. PEMBENTUKAN KELOMPOK è KETUA
  2. PENENTUAN TEMA è MEMBAWA BUKU/ REFERENSI TIAP ORANG
  3. PENUNJUKAN MATERI TIAP ORANG
  4. PENENTUAN INDIKATOR MATERI è PENJABARAN TEMA
  5. DISKUSI è PRESENTASI
  6. EVALUASI è MEMBUAT SOAL LATIHAN

MISAL TEMA : WORD

  1. PENGETIKAN DOKUMEN WORD 2007

–          Memblok Teks

–          Backspace dan delete

–          Copy dan cut

–          Membuat format dan special efek pada teks (blod, italic, underline, front, dan lainnya)

–          Mengatur spasi

–          Indentasi

–          Membingkai paragraph

  1. MENGATUR HALAMAN

–          Page setup

–          Margin

–          Tab/ layout

–          Tabulasi/ lompatan cursor

  1. PENOMORAN

–          Membuat Bullets

–          Memilih bentuk bullets

–          Membuat bullets dari symbol

–          Bullet berbentuk gambar

–          Numbering

–          Pengaturan model numbering

–          Multilevel list

  1. DROP CAP DAN BORDER

–          Drop cap

–          Border dan shading

–          Tab page border

–          Tab shading

  1. MEMBUAT TABLE

–          Quick table

–          Table style

–          Menghapus colom, baris, atau cells

–          Menyisipkan colom, baris, atau cells

–          Menggunakan formula

  1. NOMOR HALAMAN, HEADER, DAN FOOTER

–          Menggunakan header and footer

–          Menyisipkan nomor halaman

–          Membuat halaman cover

–          Menyisipkan komentar

  1. GAMBAR AND SMAART ART

–          Auto shapes

–           Clip art

–          Picture

–          Memindahkan objek

–          Memutar objek

–          Tab smart art

–          Shaper baru

  1. SIMBOL, EQUATIONS, DAN GRAFIK
  2. KOLOM
  3. CETAK GABUNG (MARGER)

PENULISAN DAFTAR PUSTAKA

Kuswantoro, A. 2012. Teknologi Ilmu dan Komunikasi untuk Pergurun Tinggi. Semarang: Agungbae Press.

Kuswantoro, A. 2012. Komputer Jangkrik. www.agungbae123.wordpress.com didownload pada tanggal 11 Maret 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: