“Terima Kasih Fajar”

Pertemuan yang keempat pada mata kuliah Aplikasi Komputer Koperasi, saya memulainya dengan pertanyaaan yang dijanjikan pada pertemuan sebelumnya. Pertanyaan itu adalah “Apakah sudah download materi Lookup yang ada di blog Saya?” Jawaban mereka “Sudah” dengan kompak mereka menjawabnya.

Kemudian dilanjut dengan pertanyaan “Apakah sudah mencobanya di rumah?” jawab mereka “Sudah, Pak”. “Oke, kalau sudah” saya merespon jawaban mereka. Saya menanyakan lagi “Siapa yang berhasil pada latihan yang terakhir yaitu qry_kota? Hanya ada satu mahasiswa yang memberikan respon dengan mengajungkan tangan.

Dia bernama Fajar, mahasiswa dari Sumatera

Saya mengajak pada mahasiswa lainnya untuk mengoreksi jawabannya. Saya meminta tolong Fajar untuk mempresentasikan hasil pekerjaan di depan. Al hasil jawaban yang dikerjakan dia betul semua, sehingga saya memberikan pujian kepadanya diiringi dengan tepuk tangan dari teman-temannya.

Logikanya jika semua mahasiswa bias mengerjakannya seperti Fajar mata kuliah 3 SKS akan selesai dengan waktu 15 menit saja karena mereka mampu dengan standar kompetensi dari  mata kuliah tersebut.

Setiap mahasiswa memiliki kemampuan yang berbeda termasuk dalam mengerjakan soal. Saya melakukan koreksi secara bersama-sama dengan mahasiswa lain untuk mengoreksi pekerjaan masing-masing. Hal yang dilakukan adalah mengcrosskan atau mengevaluasi pekerjaan dari awal yaitu tabel. Tabel itu meliputi tabel  anggota, tabel simpanan, tabel SHU,dan tabel pengambilan SHU.

Dalam mengevaluasi tersebut saya minta tolong Fajar untuk membantu teman-temannya. Saya bangga dari 60 mahasiswa ada 1 mahasiswa yang benar dengan pekerjaan itu, karena saya dalam mengerjakan memiliki dua kesalahan.

Pada saat kontrak perkuliahan saya mengatakan kepada mereka, bahwa “Mari diperkuliahan kita saling belajar, kita sharing ilmu. Keberhasilan Fajar itu menjadikan sharing ilmu kepada saya. Bukan berarti bahwa dosen itu pintar semua materi, tetapi juga memiliki keterbatasan sebagaimana manusia”.

Yang perlu ditekankan adalah jadilah manusia pembelajar karena akan menjadikannya lebih pandai. Dia tidak merasa cukup atau puas dengan keadaan sekarang.

Semoga kita semua menjadi manusia pembelajar. Amin…..

Untuk materi form silakan didownload disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: