1 Jam 1 Ayat

Pada pertemuan ini, mahasiswa mengaji dilakukan malam Rabu, 23 April 2013. Hal ini saya rubah karena pada hari Senin jam kerja padat sehingga perlu dirubah hari hari agar kajian tetap konsisten berjalan.

Tema yang dipilih adalah ghorib. Tema ini tema yang pertama pada angkatan kedua.

Alhamdulillah pada pertemuan ini, santri yang hadir sudah stabil (tetap) antara 10 sampai 15 mahasiswa. Bahkan mereka dengan sendirinya memilih jadwal piket membersihkan tempat untuk mengaji.

Saya memulai kajian ini dengan mengapersepsi materi sebelumnya seperti waqoh dan ana. Hal ini dilakukan agar mereka mengingat atau memanggil memori kajian pada angkatan pertama, termasuk ketukan bacaannya.

Hal yang unik saat pembelajaran adalah meskipun belajar hanya 1 ayat yaitu surat Al Baqarah ayat 125 tetapi dalam membaca sampai 1 jam lebih. Hal ini dikarenakan mahasiswa belum semua tepat dalam membacanya.

Saya menerapkan pola tiap mahasiswa untuk mengetuk harokat bacaannya secara bersama-sama, setelah saya memberikan contoh dan mereka mendengarkannya.

Saya membacanya per kata atau per waqof kemudian mereka menirukannya. Setelah itu santriwan mengikutinya. Ketika pada santriwan, Alhamdulillah mereka bias mempraktekkan bacaan dengan benar. Ketika santriwati membacakan secara bersama-sama, mereka belum semuanya berhasil. Kemudian saya meminta satu-satu dari mereka mengenai bacaan per kata. Al hasil diantara mereka menyadari bahwa bacaannya masih miring. Misal alhamdu menjadi alehamdu sebagaimana Indoensia menjadi Endonesia.

Cara yang saya gunakan adalah mengulang-ulang huruf yang belum bias misal ‘ain, diucapkan selama 10 kali, kemudian praktek kata yang ada ‘ainnya.

Bagi saya, meskipun belajar hanya 1 ayat saja, tetapi merema mendalami setiap kata dan huruf dengan fasih. Saya mengatakan padanya, jangan takut atau malu dengan salah membaca. Karena kita semua dalam taraf belajar. Jadi tidak ada salahnya jika belajar itu salah. Dengan kata-kata semangat itu, mereka menjadi optimis untuk mengaji dan meyakini bahwa Alloh pasti membantu kita karena kita sudah membela atau berkorban demi Alloh.

Tinggalkan Balasan

