Doa ilmu dan Iman

Alhamdulillah, ya Alloh, pada siang hari ini, kami masih berkumpul pada acara PLPG Universitas Negeri Semarang di Fakultas Ekonomi, kami mohon pertemuan ini bermanfaat dan berkah.

Kami mohon pada Engkau Yang Maha Ilmu, Engkau sumber dari segala sumber ilmu, karena sesunguhnya ilmu yang kami peroleh berasal dari Engkau.

Mudah-mudahan melalui ilmu-Mu, kami bisa memanfaatkannya kepada diri kami, keluarga, masyarakat, dan negara ini.

Kami berkeyakinan bahwa ilmu adalah cahaya (alilmu nurun), cahaya menuju kebaikan, cahaya menuju kepandaian, cahaya menuju kesuksesan, cahaya menuju prestasi.

Dengan rendah diri, kami mohon untuk dinaikkan derajat kami disisi-Mu melalui ilmu sebagaimana janji-Mu:

Yar faillahilladzi naamanu wa utul ilma darojat

Kami percaya ya Alloh, bahwa orang yang beriman dekat dengan orang berilmu, sehingga kami mohon yang Alloh, balutlah ilmu yang kami peroleh dengan iman.

Dengan Iman, mudah-mudahan ilmu yang kami peroleh dapat disampaikan dengan perkataan yang baik (aulam mafrufa), bertindak santun, dan berhati mulia.

Semakin banyak ilmu  yang kami peroleh. Kami mohon  perkuat iman  kami, sehingga kami menjadi lebih khusyuk dalam menjalani hidup, karena kami datang  ke tempat ini dengan niat ibadah, sehingga dalam hati kami ada Engkau, ya Alloh.

Jika di dalam hati ini, bersemayam nama Engkau, maka jadikanlah ilmu ini berkah, dan bermanfaat serta bersumber dari Engkau.

Dengan cara seperti itu, kami mudah berkata jujur, rendah diri,  mudah dipercaya, bijak, tegas, tidak takut, dan akhlak terpuji lainnya.

Kami tidak ingin menjadi orang yang berilmu, tetapi pandai berbohong, kianat, penakut, su’udzon dengan orang, korupsi, suap, ingkar janji, dan lainnya.

Ya Alloh, bimbinglah kami semua menjadi orang yang berilmu dan beriman. Ilmu yang dibalut dengan ajaran-Mu yang ada Al-Qur’an dan hadist.

Ya Alloh, jadikanlah iman sebagai benteng kami, benteng dalam menahan nafsu di dunia, benteng dalam menghadapi godaan, dan benteng dalam kemaksiatan di dunia.

Ya Alloh, tetapkanlah hati kami dalam agama-Mu (tsabit qolbi ala dinik), agama yang lurus, karena kami sadar bahwa sifat hati kami dinamis, yang mudah goyang, kadang iman kami  naik, dan kadang iman kami turun.

Robbana atina fidunya khasanah wa fil akhiroti khanasanatuw waqina adza banner)…amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: