TRAINING PUBLIK SPEAKING BE A GREAT ISLAMIC SPEAKER

CIMG2214 Pembicara : Agung Kuswantoro. Ahad, 10 November 2013 M , bertepatan dengan hari pahlawan. EKSIS FE UNNES present TPS (TRAINING PUBLIK SPEAKING). Acara tersebut dimulai pukul 07:00. Diawali dengan presensi sampai pukul 07:50, sebelum acara dimulai dan sambil menunggu pembicara datang panitia mengisi acara dengan gerakan senam ringan dan permainan . Sekitar pukul 08:00 acara dimulai, acara tersebut dihadiri oleh anak magang dan fungsionaris Eksis. Pembicara TPS kali ini adalah Bapak Agung Kuswantoro, beliau adalah dosen dari FE, kita patut memberikan apresiasi kepada beliau karena ditengah kesibukan beliau, beliau sudi meluangkan waktunya untuk mengisi TPS. Meskipun hanya satu jam namun ilmu yang disampaikan tersebut sangat bekesan. Setelah membagi ilmunya beliau segera begegas untuk menghadiri agenda lain yang menanti beliau. Itulah salah satu sosok yang patut kita teladani kawan, semoga kita bisa sepeti beliau yang tanpa lelah, tanpa mengeluh dan selalu bersemangat untuk membagikan ilmunya.

CIMG2217 Acara dilanjutkan dengan membagi kelompok. Ada 8 kelompok yaitu 7 kelompok akhwat dan 1 kelompok ihwan, setiap kelompok terdiri dari 8 atau 9 orang. Panitia menyediakan 2 tema untuk tiap kelompok yang dipilih secara undi yaitu menjadi seorang muslim yang kreatif dan komptitif serta cerdas menghadapi perang pemikiran dalam konteks keagamaan.

Setiap kelompok berlatih bebicara dihadapan kelompoknya masing-masing. Seusai presentasi perkelompok, mereka menunjuk salah satu anggota terbaik berdasarkan nilai tertinggi dari tiap kelompok untuk mempresentasikan di depan seluruh peserta TPS. Tidak berhenti dari dua tema tersebut, panitia menyediakan 10 tema berbeda yang diundi, dan peserta secara spontanitas harus mempresentasikan tema yang diundi tersebut dihadapan peserta TPS.

Lalu peserta memulai kemapuan Publik Speakingnya. Ditengah-tengah acara tersebut panitia memberi penghargaan terhadap peserta terajin, yaitu peserta yang berangkatnya paling awal dari peserta lain. Maka tepilihlah 2 peserta yang terdiri dari satu ihwan dan satu akhwat. Mereka itu adalah Syarif dan Retno Puji Lestari. Selamat untuk kalian semoga peserta yang lain dapat mencontoh kalian untuk datang tepat waktu agar acara yang direncanakan juga berjalan lebih maksimal.

Setelah pengumuman peserta terajin kini tibalah waktu yang dinanti-nanti yaitu pengumuman pemenang dari 8 kelompok yang bersaing secara ketat. Sepertinya juri pun harus bekerja keras untuk memilih salah satu peserta terbaik, karena masing-masing peserta mempunyai kelebihan masing-masing. Setelah berpikir keras maka terpilihlah 2 peserta terbaik yaitu Ahmad dan Ari Haryati. Selamat untuk para pemenang atas usaha keras mereka sehingga bisa menjadi yang terbaik.

Dan semoga baik pemenang maupun peseta yang lain bisa mengembangkan bakat public speakingnya untuk mengabdi di masyarakat kelak. Dengan keyakinan, usaha dan ijin dari Allah insyaAllah kita bisa mengusai public speaking. Demikianlah training public speaking yang merupakan program dari departemen media dan informasi semoga bermanfaat dan insyaAllah akan ada kelanjutan Training desain grafis yang insyaAllah akan diadakan tidak lama lagi.

Ringkasan dari materi : Selalu ingat Niat itu karena Allah (lillahita’ala) Jangan menawarkan diri, tapi karena ajakan orang lain. Karena menganggap bahwa kita sudah bisa (mampu) Cara membangun PUBLIK SPEAKING : Rapoort => membangun hubungan yangharmonis

Cara membangun repoort : Kenali diri sendiri Bangun image Berikan kesan positif Kenali audience , seperti kenali namanya Temukan kebutuhan audience Bagikan rasa ingin tahu => lontarkan pertanyaan-pertanyaan yang mengejutkan/bias terfokus/bisa membuat penasaran

Saat persiapan Tentukan tema Jawab rumus 5W+1H Point penting yang akan dibicarakan Metode alat bantu yang digunakan Datang lebih awal Periksa ruang dan suara, latihan napas Sapa audience Menyatulah dengan presentasi Akhiri presentasi, bias dengan kesimpulan, video atau music Demikian catatan kecil dari acara TPS, semoga bermanfaat.

Seandainya ada masukan monggoh. Baik itu kritikan, saran, motivasi maupun catatan lainnya. Untuk menjadi introspeksi kami kedepan agar menjadi lebih baik lagi.n kebutuhan audience Bagikan rasa ingin tahu => lontarkan pertanyaan-pertanyaan yang mengejutkan/bias terfokus/bisa membuat penasaran Saat persiapan Tentukan tema Jawab rumus 5W+1H Point penting yang akan dibicarakan

Metode alat bantu yang digunakan Datang lebih awal Periksa ruang dan suara, latihan napas Sapa audience Menyatulah dengan presentasi Akhiri presentasi, bias dengan kesimpulan, video atau music Demikian catatan kecil dari acara TPS, semoga bermanfaat. Seandainya ada masukan monggoh. Baik itu kritikan, saran, motivasi maupun catatan lainnya. Untuk menjadi introspeksi kami kedepan agar menjadi lebih baik lagi.

https://www.facebook.com/rina.opick?fref=ts

Iklan

6 Komentar (+add yours?)

  1. opik
    Nov 11, 2013 @ 09:56:06

    pak tulisannya saya masih acak-acakan ..

    Balas

  2. opik
    Nov 11, 2013 @ 13:13:08

    iya pak monggoh ..

    Balas

  3. opik
    Nov 21, 2013 @ 07:51:47

    jadi bagus pak .. terima kasih ..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: