TEACHING FACTORY : Rencana dan Nilai Entrepreneurship

KATA PENGANTAR

Pendidikan Kewirausahaan yang selama ini dilakukan secara teori di kelas. Padahal, kegiatan kewirausahaan dilakukan melalui praktek, seperti memproduksi, memasarkan, melaporkan, mengevaluasi, dan lainnya.

Mainset siswa harus dibentuk sejak disini, bahwa sukses berwirausaha tidak harus diraih dimasa tua, sehingga sekolah sebagai lembaga pendidikan berperan dalam mewujudkan pola pikir (mindset) tersebut.

Sekolah harus mampu mengembangkan potensi sumber daya dimilikinya. Ada beberapa model yang diterapkan sekolah dalam menghidupkan kewirausahaan yaitu Busines Center (BC), Unit Produksi (UP), dan Teaching Factory (TEFA).

Teaching factory merupakan model yang memadukan belajar dan bekerja, tidak memisahkan antara tempat menyampaikan teori (kelas) dan praktek (laboratorium).

Teaching factory menjadikan sekolah bernuansa industri atau pabrik. Proses belanja, produksi, mendesain, menciptakan, memasarkan, mendistribusi, melaporkan dan mengevaluasi dilakukan oleh sekolah.

Teaching factory SMK Negeri 6 Semarang menurut penulis, bahwa mampu mewujudkan proses tersebut. Sekolah bertaraf internasional ini memiliki manajemen teaching factory yang baik. Hal ini terlihat dari kerja sama antara teaching factory dengan luar negeri (Malaysia dan Singapura) serta kerja sama antara teaching factory di dalam negeri.

Bahkan kajian teaching factory yang dipaparkan oleh Kepala Sekolah, Drs. Ishom,  M.Pd (2012) mampu mengantarkan beliau menjadi Kepala Sekolah berprestasi tingkat Jawa Tengah dan Nasional.

Melalui teaching factory muncul nilai-nilai entrepreneurship yang tertanam dalam jiwa siswa seperti jujur, kreatif, inovatif dan lainnya. Ketika siswa memasarkan produk, siswa menunjukan barang secara detail kepada konsumen, maka tertanam nilai jujur. Ketika siswa mengedit atau memperbaiki produk, maka tertanam nilai inovatif. Ketika siswa mendesain barang, maka tertanam nilai kreatif.

Dari penjelasan diatas, penulis tertarik untuk menulis buku perencanaan teaching factory yang ada di SMK Negeri 6 Semarang. Dengan buku ini diharapkan adanya model perencanaan teaching factory yang baik dalam menanamkan nilai-nilai entrepreneurship di sekolah.

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Prof. Dr. Joko Widodo, M. Pd dan Dr. Asih Kuswardinah, M. Pd yang telah membimbing dalam penulisan buku ini. Ucapkan terima kasih juga saya sampaikan kepada Drs. Ishom. ,M.Pd, Ibu Rahayu, S.Pd, Ibu Icha, S.Pd, Drs. Supriyadi, dan warga SMK Negeri 6 Semarang yang telah membantu penulis menyelesaikan buku. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada istri (Lu’lu’ Khakimah), kembar (Iman dan Amri), Tisar, Saeroji dan janin yang dirakhim (Dek Fattah) yang mensupport penulis hingga terselesainya menjadi buku. Penulis mengharap kepada pembaca untuk memberikan masukan atau kritik dari buku ini.

Semarang, 22 Juli 2013

Penulis

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL……………………………………………………………………………….. i

KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………… ii

DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………… iv

DAFTAR TABEL ……………………………………………………………………………….. vii

DAFTAR GAMBAR ………………………………………………………………………….. viii

DAFTAR BAGAN ……………………………………………………………………………. … ix

BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………. 1

  1. Latar Belakang …………………………………………………………………………. 1
  2. Nilai-nilai Entrepreneurship……………………………………………………. …. 3
  3. SMK Negeri 6 Semarang……………………………………………………………. 4
  4. Teaching Factory………………………………………………………………………. 6
  5. Perencanaan ……………………………………………………………………………… 9
  6. Tujuan ……………………………………………………………………………………… 9

BAB II MANAJEMEN…………………………………………………………………………. 10

  1. Fungsi Manajemen…………………………………………………………………… 10
  2. Perencanaan…………………………………………………………………………….. 15
  3. Langkah-langkah Perencanaan………………………………………………….. 16
  4. Isi  dan Jenis Perencanaan ………………………………………………………… 17
  5. Prosedur Perencanaan ……………………………………………………………… 20
  6. Prinsip-Prinsip Pendidikan Vokasional ………………………………………. 21

BAB III TEACHING FACTORY……………………………………………………….. . 23

  1. Konsep Factory (Industri/ Pabrik) …………………………………………….. 23
  2. Teaching Factory ……………………………………………………………………. 24
  3. Proses Penerapan Teaching Factory…………………………………………… 26
    1. Pembentukan Manajemen Teaching Factory………………………….. 26
    2. Faktor Guru……………………………………………………………………….. 27
    3. Elemen Teaching Factory …………………………………………………… 28
  4. Unit Produksi dan Jasa …………………………………………………………….. 29
  5. Faktor-faktor yang harus diperhatikan dalam Pengembangan Unit Produksi dan Jasa                 30
    1. Jenis Produk …………………………………………………………………….. 30
    2. Sumber Daya Manusia ………………………………………………………. 30
    3. Modal Usaha ……………………………………………………………………. 30
    4. Ketersediaan Bahan Baku…………………………………………………. 30
    5. Sarana dan Prasarana ………………………………………………………… 30
    6. Strategi Kerja……………………………………………………………………. 31
    7. Pemasaran ……………………………………………………………………….. 31
    8. Penentuan Lokasi ……………………………………………………………… 31
  6. Perencanaan Unit Produksi dan Jasa…………………………………………… 31
  7. Persiapan Rencana Unit Produksi dan Jasa …………………………………. 34
    1. Mempelajari Pangsa Pasar (Membaca Peluang Bisnis) …………….. 34
    2. Teliti Perilaku Pasar di Masa Datang ……………………………………. 35
    3. Memilih Lokasi Usaha ………………………………………………………… 35
    4. Mempersiapkan Rencana Usaha……………………………………………. 35
    5. Cara Memulai Unit Produksi dan Jasa Sekolah ……………………… 35
    6. Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities,

dan Threats) ……………………………………………………………………… 37

BAB IV PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN …………………………………….  39

  1. Konsep Kewirausahaan (Entrepreneurship) ………………………………… 39
  2. Nilai-nilai Pokok dalam Pendidikan Kewirausahaan…………………….. 40
  3. Kajian yang Relevan………………………………………………………………… 43

BAB V PERENCANAAN TEACHING FACTORY ……………………………… 48

  1. Model Teaching Factory SMK Negeri 6 Semarang………………………. 49
  2. Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Teaching Factory ……………….. 49
    1. Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Unit Produksi Perhotelan … 51
    2. Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Unit Produksi Jasa Boga . .. 54
    3. Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Busana …………………………. 59
    4. Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Kecantikan ………………….. 61
  3. Kebijakan-kebijakan Teaching Factory ………………………………………. 63
  4. Strategi Teaching Factory ………………………………………………………… 65
  5. Pengembangan Teaching Factory ……………………………………………… 69
  6. Evaluasi Pendahuluan Teaching Factory ……………………………………. 70

BAB VI KAJIAN PERENCANAAN TEACHING FACTORY ……………… 72

  1. Identifikasi Kebutuhan dan Masalah Teaching Factory ……………….. 72
  2. Kebijakan-kebijakan Teaching Factory ………………………………………. 78
  3. Strategi Teaching Factory ………………………………………………………… 83
  4. Pengembangan Teaching Factory………………………………………………. 89
  5. Evaluasi Pendahuluan Teaching Factory…………………………………….. 93
  6. Model Teaching Factory SMK Negeri 6 Semarang………………………. 97

BAB VII PENUTUP ………………………………………………………………………….. 104

DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………… 107

GLOSSARIUM………………………………………………………………………………….. 112

INDEKS                                                                                                           115

BIODATA PENULIS ………………………………………………………………………… 119

LAMPIRAN MOMENT SPECIAL 1………………………………………………….. 121

LAMPIRAN MOMENT SPECIAL 2………………………………………………….. 124

DOKUMENTASI TEACHING FACTORY JASA BOGA……………………. 126

DOKUMENTASI TEACHING FACTORY JASA BOGA (CAFE)……….. 127

DOKUMENTASI TEACHING FACTORY AKOMODASI

PERHOTELAN………………………………………………………………………………… 128

DOKUMENTASI TEACHING FACTORY BUSANA BUTIK……………. 129

DOKUMENTASI TEACHING FACTORY TATA KECANTIKAN……. 130

DAFTAR TABEL

Tabel 1.  Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Menurut Pendidikan Tinggi yang Ditamatkan, 2010-2011 (persen)                                                                                                             2

Tabel 2.Data Prosentase Keterserapan Tamatan Tahun 2009/ 2010 sampai 2010/2011                        5

Tabel 3. Perbedaan Unit Produksi dan Jasa dengan Teaching Factory…. .. 29

Tabel 4. Nilai-nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Kewirausahaan………… 41

Tabel 5. Program Kerja Teaching Factory…………………………………………… .. 50

Tabel 6. Program Kerja Tahunan UP Perhotelan………………………………….. 53

Tabel 7. Program Kerja Tahunan UP Boga ………………………………………….. 58

Tabel 8. Program Kerja Tahunan Unit Produksi Kecantikan ………………… 62

Tabel 9. Analisis SWOT Teaching Factory SMART……………………………….. 68


DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Proses Manajemen………………………………………………………………. 12

Gambar 2. Perencana Strategi………………………………………………………………. 14

DAFTAR BAGAN

Bagan 1. Kerangka Perencaan Teaching Factory……………………………………. 47

Bagan 2. Model teaching Factory SMK Negeri 6 Semarang………………….. .. 49

Bagan 3. Program Kerja Unit Busana……………………………………………………. 60

Bagan 4. Skema Teaching Factory………………………………………………………. .. 99

Bagan 5. Model Teaching Factory dalam Pembelajaran………………………… 101

 Jika membutuhkan buku tersebut dapat menghubungi saya ke 08179599354, atau email agungbinmadik@gmail.com

terima kasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: