Madrasah Istiqlal (1)

Kegiatan Mengaji Anak di rumahku, tanggal 18 Juni 2014, waktu habis magrib, tema mengenal huruf hiyaiyah alif, ba, ta, dan tsa.
Mengajarkan ke anak tidaklah mudah. Ia sangat aktif. Tidak ada anak yang memiliki potensi. Oleh karenanya, dalam pembelajaran mengaji ini perlu strategi yang tepat, salah satunya bermain.
Permainan yang guru (istri) buat adalah membuaat kartu dengan warna moncolok (merah), kemudian ditulis huruf alif, ba, ta, dan tsa. Warna merah dimaksudkan agar siswa (kalisa) juga belajar warna. Kemudian guru mengenalkan karakter masing-masing huruf misal ta yaitu mempunyai dua bakso di atas garis, tsa yaitu membunyai tiga baksa di atas garis. Dalam menyebutkannya pun dengan cara bernyanyi.
Memang pembelajaran anak tidak harus dengan serius, sehingga polanya jika anak sudah bosan, maka bermain dengan lainnya. Namun masih sesuai dengan tema tadi.
Ini contoh pembelajarannya. Untuk anak saya, Mubin (baju kuning, Ia asyik belajar membaca. Karena Ia masa perkembangannya masih dalam taraf pada usiaanya yaitu tepuk tangan.
Biasanya ada satu santri lagi, namanya Mas Pamor. namun, karena ada keperluan, Ia ijin dulu tidak gabung pada hari itu.
Doakan teman-teman, mudah-mudahan ini embrio untuk jadi madrasah dan TK di lingkunganku bagi anak-anak. Untuk yang dewasa, silakan gabung di mahasiswa mengaji.
Demikian kisahku untuk hari ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: