Taraweh hari keempat : Tenang Batin

Ketenangan batin yang harus dibutuhkan di tawareh hari keempat. Dengan tenang menjadikan solat menjadi khusuk. Jamaah pun mudah mengikuti imam. Di hari keempat taraweh, Alhamdulillah saya masih diberi amanah oleh Bapak/ Ibu jamaah untuk mengimami di musolla pak Bahrul.

Saya membaca bacaan sesuai dengan tajwidnya semaksimal mungin dari ilmu yang pernah saya pelajari, sehingga saya dalat menikmati setiap lafalnya. Alhamdulillah tidak ada kesalahan satupun bacaan yang saya lafalkan. Tidak seperti hari pertama dan ketiga taraweh, di mana saya ada kesalahan (tidak lancar) dalam membaca ayat al qur’an.

Dengan berbekal pengalaman tersebut, saya memperbaiki diri dengan belajar membaca alquran dan tajwid dari setiap lafal yang diucapkan. Menurut saya, belajar membaca al qur’an dan tajwid itu tidak cukup. Hal yang terpenting adalah ketenangan saat membacakan lafal al qur’an dan setiap akan solat dianjurkan untuk membaca ta’awud atau surat an Nas. Tujuannya, agar kita bisa khusuk dalam solat. Katakanlah, kita hafal dengan satu surat al qur’an. Namun, karena kita tidak konsentrasi dan tenang hati, kadang bacaannya tidak runtut (tertib), bahkan berpindah pada surat atau ayat lainnya.

Demikian teman-teman cerita taraweh saya di hari keempat. Semoga cerita ini menjadi motivasi kita untuk berbuat baik. Dan, jauhkan rasa kesombongan diri kita. Saya menuliskan cerita ini sebagai doa, tidak bermaksud ria atau pun yang lainnya. Mudah-mudahan kita semua menjadi manusia pembelajar di lingkungannya. Semoga Alloh mengampuni dosa kita semua di bulan berkah. Amin

 

Agung Kuswantoro, warga perum sekarwangi sekaran semarang, email : agungbinmadik@gmail.com

Tinggalkan Balasan

