Taraweh Kedua Tiga : Zakat Fitrah

Pada taraweh kedua puluh tiga, Pak Bahrul bertugas sebagai bilal, saya bertugas sebagai imam dan khotib kultum. Solat taraweh pada malam itu bertempat di seperti biasanya, yaitu di musolla Pak Bahrul.

Saya merasa senang dan tenang malam itu, karena motivasi jamaah yang tinggi. Terlihat Eyang Pamor membawa buku doa yang kutulis, sembari menuju ke musolla. Pak Slamet Widodo berangkat dengan pakaian yang rapi dan memakai celana yang khas.

Materi kultum pada malam itu, tentang zakata fitrah. Kultum yang saya biasa sampaikan adalah puasa. Namun, pada malam itu, bab puasa saya pending dulu, karena saat sekarang, romadlon sebentar lagi berakhir. Artinya, ada kewajiban zakat fitrah yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

Zakat fitrah adalah salah satu ibadah madhoh. Maksudnya ibadah yang waktu dan kadarnya ditentukan oleh Alloh dan Rosulnya, seperti puasa wajib di bulan Romadlon, solat, zakat fitrah, haji dan lainnya. Haji, dilakukan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Puasa romadlon, dilakukan pada bulan romadlon. Solat magrib, dilakukan saat terlihat ada awan merah di ufuk barat. Dan, contoh lainnya, yang telah ditentukan waktu dan kadarnya.

Sedangkan ibadah goiru madhoh, artinya ibadah yang tidak langsung berhubungan dengan Alloh, dan waktunya dan serta kadarnya bersifat umum. Seperti, berpakaian, olah raga, menjaga kebersihan, dan lainnya.

Zakat fitrah wajib bagi orang yang mendapatkan, walau sesaat, dari bulan Romadlon dan Syawal. Seorang anak yang lahir pada malam lebaran, belum wajib bagi dia untuk mengeluarkan zakat fitrah. Demikian juga, orang yang meninggal sebelum tenggelamnya matahari pada akhir bulan Romadlon, Ia juga tidak wajib mengeluarkan zakat fitrH.

Dengan demikian, dapat dikatakan zakat fitrah menjadi wajib sejak malam lebaran. Adapun malam terbaik mengeluarkan zakat firah adalah malam lebaran hingga sebelum khotib berkhutbah solat Idul Fitri.

Menurut Imam Syafie, zakat fitah dapat dikeluarkan sejak awal Romadlon. Karena, zakat firah wajib disebabkan dua faktor, yaitu bulan Romadlon dan lebaran. Sehingga, bila salah satu dari dua ketenttuan terpenuhi, maka diperbolehkan. Adapun menurut Imam Hanafi dan Maliki, paling cepat zakat fitrah dikeluarkan yaitu sehari atau dua hari sebelum lebaran. Hal ini menurut mereka, karena tujuan pemberian zakat untuk menjadikan para orang yang butuh tidak perlu meminta-minta di hari lebaran. Bila tiga hari sebelum lebaran, tujuan tersebut dikhawatirkan tidak tercapai.

Zakat fitrah wajib bagi orang yang memiliki kelebihan pangan, walau hanya untuk sehari. Seseorang wajib juga mengeluarkan zakat fitrah bagi siapa pun yang ditanggung biaya hidupnya. Misal, suami memiliki tanggung jawab mengeluarkan zakat fitrah istri, anak, kedua orang tuanya yang fakir. Istri yang kaya tidak dibebani tanggung jawab material dalam kebutuhan hidupnya. Semua hasil usahanya adalah miliknya (secara hukum), bukan secara moral.

Dalam pengajian yang disampaikan oleh Mamah dedeh, bahwa anak yatim, bukanlah penerima zakat fitrah. Yang wajib menerima zakat fitrah, sebagaimana dalam surao at taubah ayat 9, yaitu fakir, miskin, amil, mualaf, budak, orang yang berhutang, orang yang fi sabillilah, dan orang dalam perjalanan.

Ketentuan zakat fitrah berlaku umum, yaitu minimal dua setengah kilogram makanan pokok. Hal ini, boleh ditambahkan. Namun, nilai dua setengah kilogram memiliki makna tersendiri bagi orang yang membutuhkannnya. Wallohu ‘alam

Demikian teman-teman cerita taraweh saya di hari malam kedua puluh tiga di musolla Pak Bahrul. Semoga cerita ini menjadi motivasi kita untuk berbuat baik. Dan, jauhkan rasa kesombongan diri kita. Saya menuliskan cerita ini sebagai doa, tidak bermaksud ria atau pun yang lainnya. Mudah-mudahan kita semua menjadi manusia pembelajar di lingkungan kita. Semoga Alloh mengampuni dosa kita semua di bulan yang penuh berkah. Amin

Agung Kuswantoro, warga perum sekarwangi sekaran semarang, email : agungbinmadik@gmail.com

Sumber : kitab fiqih dan pendapat quraisy sihab yang dibukukan dalam quraish shihab menjawab 1001 soal kesilaman yang patut anda ketahui.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: