Pengemudi dan Penumpang

Kemarin (8/2/2015), saya bertemu dengan seorang laki-laki paruh baya. Ia mengatakan kepadaku “Gung, kamu milih mana? jadi penumpang atau pengemudi? Terus seketika menjawab “pengemudi”. Ternyata jawabanku tersebut, sesuai dengan yang dikendakinya.
Ia berkata, bahwa hidup itu pilihan. Harus memilih di antara pilihan yang berkonsekuensi terhadap hidupnya. Hidup bagai sebuah kendaran. Sopir (pengemudi) berperan penting mengantarkan penumpang ke tujuan dengan selamat. Namun, terkadang banyak kendala olehnya, seperti kemacetan lalu lintas atau kerusakan teknis mobilnya.
Mental seorang pengemudi adalah berani melangkah dan siap mengambil resiko. Mental penumpang bisanya boleh tidur sepanjang perjalanan.
Sebenarnya, hidup ini berawal dari diri sendiri. Kemampuan dan nyali pengemudilah yang akan meningkatkan daya mengendalikan hidup dengan potensi meraih bahagia.
Sebaliknya, watak penumpang yang ditanamkan sejak kecil dan dibiarkan oleh lingkungan, akan menghasilkan keluhan dan keterbelengguan. Padahal, tidak ada manusai berhasil tanpa adanya ujian dan kegagalan.
Bangsa ini membutuhkan seorang bermetal pengemudi, yang mampu mengedalikan diri. Hanya dengan mengelola dan mengembangkan diri melalui potensi yang dimilikinya akan menghasilkan impian yang tak terbayangkan untuk mudah dicapai.
Setelah bercerita di atas, pria paruh baya tersebut kemudian pergi. Ia meninggalkan kartu nama kepadaku. Ku baca ternyata bernama Rhenald Kasali. Ia adalah profesor yang aku kagumi dari Universitas Indonesia. Aku mengatakan kepadanya, “terima kasih atas pertanyaannya yang membuatku untuk lebih bijak dalam menatap pilihan-pilihan kehidupan”
Nah, sekarang kita yang menentukan, pilih mana pengemudi atau penumpang? Silakan memilih dengan konsekuensi yang telah dipertimbangkan. Karena, kita sendiri yang menentukannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: