Allah Pencipta Rumput dan Manusia

 

 

Rasanya tidak imbang, bahkan terkesan hebat Allah itu. Ia menciptakan dan menumbuhkan manusia. Selain itu, juga memberi petunjuk dan peringatan kepada manusia pula. Kita tahu sendiri manusia itu makhluk yang paling sempurna ciptaannya, Allah mengatakan: Sungguh AKu (Allah) telah menjadikan manusia dalam sebaik-baik bentuk (Attin – 4)

Membaca dan memperhatikan perkataan Allah di atas terasa bahwa Allah-lah yang jelas Maha Tinggi. Kemahaan-Nya diimbangi dengan menciptakan rumput. Sekali lagi rumput. Orang yang menganggap remeh tumbuhan kecil itu. Rumput biasanya tumbuh sendiri di ladang atau tanah yang tidak terurus. Dimana pun, ia bisa tumbuh, walaupun tanpa ada yang menanam.

Semakin, ia tidak terurus, semakin besar pula ia tumbuh. Maknanya, ia ada yang menciptakan. Allah mengatakan : Dan Tuhan yang menumbuhkan rumput-rumputan, lalu menjadikan rumput itu kering kehitam-hitaman. (Al ‘ala: 4-5)

Ayat di atas, terlihat jelas Allah yang menciptakan rumput. Disisi lain, Allah yang menciptakan manusia yang serba sempurna, namun disisi lain Allah menciptakan rumput – yang orang menganggap itu tumbuhan liar. Berarti Allah-lah yang sempurna dan Maha Tinggi. Segalanya bagi Dia adalah kecil.

 

 

Semarang, 15 Syawal 1437 H

Agung Kuswantoro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: