Orang Kafir Susah Diajak Berpikir

 

 

Kalimat di atas adalah sebuah statemen dari apa yang saya peroleh setelah membaca surat Al ghosiyyah (Hari Kiamat). Dimana Allah mengajak diskusi kepada orang kafir mengenai kejadian hari kiamat. Allah memberikan empat pertanyaan kepada orang kafir yaitu:

  1. Bagaimana onta diciptakan?
  2. Bagaimana langit ditinggikan?
  3. Bagaimana gunung-gunung ditegakkan?
  4. Dan bagaimana bumi dihamparkan?

Pertanyaan Allah di atas terhadap orang kafir memang tidak dibalas oleh Allah dengan suatu jawaban yang detail. Tetapi, justru pertanyaan Allah menunjukkan kekuasan-Nya terhadap ciptaan-Nya. Allah mengajak kepada orang kafir untuk berpikir atas ciptaan-Nya. Seperti onta, langit, gunung, dan bumi.

Bahkan, ciptaan keempat yaitu bumi, seakan-akan bahwa bumi itu datar, dimana sekarang sedang marak ada pemikiran bahwa bumi itu datar bukan bundar. Hal ini karena doktrinisasi sejak abad yang lalu, bahwa bumi itu bundar.

Tulisan ini tidak mengkaji itu, namun lebih menekankan pada Allah memberikan pertanyaan kepada orang kafir. Ayat selanjutnya menerangkan, bahwa Nabi Muhammad selaku rosul yang menyampaikan pesan-pesan Allah itu hanya sebagai PEMBERI PERINGATAN. Namanya saja, memberi peringatan, berarti tugasnya mengingatkan. Masalah mengikuti pesan yang disampaikan atau tidak, Nabi Muhammad tidak memiliki kekuatan untuk memaksa, karena Nabi Muhammad tidak bisa menguasai hati orang kafir, sebagaimana Allah mengatakan : Kamu tidak bisa menguasai hati mereka (QS. Al ghosiyyah: 22).

Sebagai orang muslim dan beriman kita harus pandai berpikir. Jangan stagnan terhadap sesuatu yang telah diciptakan Allah. Harus cerdas menangkap lingkungan yang ada di sekitar kita berupa ciptaan-ciptaan Allah. Karena Allah suka dengan orang yang berpikir. Waallohu’alam

 

Semarang, 16 Syawal 1437 H

 

Agung Kuswantoro

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: