Buku Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Perkantoran

KATA PENGANTAR

 Pembelajaran mata kuliah manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (MK3) atau mata pelajaran keselamatan kesehatan kerja lingkungan hidup (K3LH) di sekolah atau universitas mencakup materi tentang keselamatan kerja di lingkungan industri dan kesehatan. Kurikulum pendidikan administrasi perkantoran tahun 2012 dan 2015 didalamnya terdapat matakuliah MK3. Pada tahun 2013 saya mengampu matakuliah tersebut. Materi-materi yang saya berikan sebagaimana dalam buku-buku yang beredar yaitu mengenai keselamatan kerja di industri. Melihat materi-materi tersebut, dalam benak hati saya menolak materinya, karena mahasiswa yang saya ajar adalah prodi pendidikan administrasi perkantoran, di mana materi-materi tersebut tidak ada korelasinya dengan prodi mereka yang notabene adalah kerja di sekolah atau kantor. Jika mereka lulus kemudian mengambil profesi guru, maka mereka akan mengampu mata pelajaran K3LH di SMK. Jika mereka lulus kemudian mereka mengambil profesi administrasi, maka mereka dapat mempraktekkan matakuliah ini sesuai dengan keadaannya yaitu di kantor. Namun karena tidak ada buku (sampai saat ini) saya belum menemukan keselamatan kerja kantor, sehingga saya berinisiatif untuk membuat modul dengan singkatan MK3. Modul ini khusus manajemen keselamatan bagi orang yang bekerja di kantor. Pastinya isinya berbeda dengan MK3 yang sebagaian besar mengkaji keselamatan dalam dunia industri dan kesehatan.

Kompetensi dalam MK3 yaitu konsep dasar keselamatan dan kesehatan kerja, pekerjaan-pekerjaan kantor, faktor-faktor kesalahan dalam pekerjaan kantor, tata ruang kantor/ desain kantor/ layout kantor, keselamatan dalam pekerjaan kantor, permasalahan dalam pekerjaan kantor, penyelamatan dokumen kantor (arsip), pemeliharaan dan keamanan dokumen kantor (arsip), pemeliharaan alat-alat kantor, standarisasi kantor atau standarisasi alat kantor, gizi kerja sehat dan seimbang, dan studi kasus MK3 di lingkungan sekitar.

Kompetensi-kompetensi tersebut diatas adalah kompetensi turunan dari materi MK3 yang pada umumnya, hanya saja ada penyesuain bidang yaitu pendidikan administrasi perkantoran. Jadi melalui kompetensi-kompetensi di atas diharapkan saya dapat memberikan materi-materi yang sesuai dengan kompetensi prodinya, tidak mengajarkan materi-materi yang di luar kompetensi prodi. Dampak saya memberikan kompetensi di atas adalah tidak adanya buku atau modul yang sesuai dengan MK3. Sampai saat ini saya belum menemukan literatur mengenai keselamatan kerja kantor. Dan, jarang orang meneliti mengenai MK4. Seiangat saya, ada tokoh administrasi yang terkenal dari Universitas Gajah Mada (UGM) bernama The Liang Ghie. Beliau memaparkan prosentase pekerjaan administrasi mulai dari menulis, menghitung, menyimpan, mengirim, menggandakan, dan lainnya. Beliau memiliki keberanian dalam teorinya dimana pekerjaan administrasi yang diprosentasekan. Maknanya, bahwa beliau pernah meneliti mengenai pekerjaan administrasi. Namun saat sekarang, jarang saya menemukan teori-teori administrasi yang setajam beliau.

Contoh di atas, contoh cara meneliti pekerjaan kantor. Hal ini sebagai dasar saya dalam membuat kompetensi-kompetensi yang akan saya ajarkan kepada mahasiswa. Misal kesalahan dalam pekerjaan kantor. Jika kita mencari teorinya, maka dapat dikatakan tidak menemukan. Namun jika kita meneliti atau observasi maka akan menemukan jawabannya. Hal inilah yang akan saya lakukan bersama mahasiswa yaitu menanyakan secara langsung mengenai faktor kesalahan dalam pekerjaan kantor. Pola yang akan saya lakukan pastinya, agak susah dilakukan. Namun dengan niat dan usaha serta kerjasama dengan mahasiswa, saya yakin akan tercipta kelak model manajemen kesalamatan dan kesehatan kerja kantor. Mohon doanya semoga kelak saya bisa menuliskannya dalam sebuah modul atau buku mengenai materi tersebut, di mana buku tersebut sangat dibutuhkan oleh guru-guru di SMK.

 

 

Semarang, 18 Maret 2016

Penulis,

 

Agung Kuswantoro

DAFTAR ISI

 

COVER……………………………………………………………………………………………            i

KATA PENGANTAR……………………………………………………………………..           ii

DAFTAR ISI……………………………………………………………………………………          iv

DAFTAR TABEL……………………………………………………………………………         vii

DAFTAR GAMBAR………………………………………………………………………..        viii

DAFTAR BAGAN…………………………………………………………………………..          ix

 

BAB 1 PEKERJAAN-PEKERJAAN KANTOR ……………………………..           1

  1. Surat-Menyurat …………………………………………………………………………… 1
  2. Jenis-jenis Surat …………………………………………………………………………… 2
  3. Duplicating (Menggandakan) ………………………………………………………… 2
  4. Typing (Mengetik) ……………………………………………………………………….. 4
  5. Calculating (Menghitung) …………………………………………………………….. 5
  6. Checking …………………………………………………………………………………….. 6
  7. Filing …………………………………………………………………………………………           8
  8. Contoh Kasus………………………………………………………………………………. 10

 

BAB 2 FAKTOR-FAKTOR KESALAHAN DALAM

PEKERJAAN KANTOR ………………………………………………………………..         13

  1. Faktor Penyebab Terjadinya Kesalahan dalam Pekerjaan Kantor ……….. 13
  2. Kecelakaan Kerja Harus Dicegah …………………………………………………… 16
  3. Cara Mencegah Kecelakaan Kerja …………………………………………………         16
  4. Kecelakaan Kerja Pasti Bisa Dicegah …………………………………………….. 19
  5. Contoh Kasus……………………………………………………………………………….

 

BAB 3 PENYEBAB KECELAKAAN KERJA DAN CARA PENCEGAHANNYA                         22

  1. Kondisi yang Tidak Aman ……………………………………………………………. 22
  2. Tindakan Pegawai Yang Tidak Aman ……………………………………………. 23
  3. Tiga Penyebab Utama Timbulnya Kecelakaan …………………………………. 25
  4. Kemungkinan Terjadinya …………………………………………………………… 25
  5. Kondisi Yang Tidak Aman ……………………………………………………….. 26
  6. Tindakan Pegawai Yang Tidak Aman …………………………………………. 27
  7. Contoh Kasus……………………………………………………………………………….

 

BAB 4 PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA…………………………..         29

  1. Kerapian dan Kebersihan ……………………………………………………………… 29
  2. Penerangan yang Cukup ……………………………………………………………….. 30
  3. Kesehatan …………………………………………………………………………………… 30
  4. Seleksi dan Penempatan ……………………………………………………………….. 30
  5. Training………………………………………………………………………………………. 31
  6. Contoh Kasus……………………………………………………………………………….

 

 

BAB 5 TATA RUANG KANTOR……………………………………………………         33

  1. Tujuan Penataan Ruang Kantor …………………………………………………….. 43
  2. Perancangan Tata Ruang Kantor ……………………………………………………. 33
  3. Asas-Asas Mengenai Tata Ruang Kantor ……………………………………….. 33
  4. Model Ruang Kantor …………………………………………………………………… 35
  5. Tata Ruang Perkantoran (Office Layout) …………………………………………. 36
  6. Contoh Kasus ……………………………………………………………………………… 45

 

 

BAB 6 MENCEGAH KERUSAKAN ARSIP……………………………………        50

  1. Mencegah Lebih Baik…………………………………………………………………… 50
  2. Penyelamatan Arsip Menggunaka Media Elektronik…………………………. 51
  3. Amankan dan Selamatkan Arsip…………………………………………………….. 56
  4. Sebelum Terjadinya Kerusakan (preventive)……………………………….. 57
  5. Sesudah Terjadinya Kerusakan (restoration)……………………………….. 57
  6. Contoh Kasus………………………………………………………………………………. 53

 

BAB 7 PERLENGKAPAN PENYIMPANAN DAN PEMELIHARAAN PERALATAN KANTOR                    60

  1. Perlengkapan Penyimpanan Arsip…………………………………………………… 60
  2. Pemeliharaan Peralatan Kantor………………………………………………………. 61
  3. Langkah-langkah Perawatan …………………………………………………………. 67
  4. Contoh Kasus

 

BAB 8 STANDARISASI RUMAH DINAS ………………………………………         71

  1. Relevansi Standarisasi Fasilitas Kendaraan Kantor Terhadap Kinerja … 72
  2. Standarisasi Alat Perkantoran atau Standarisasi Kantor

Kendaraan Dinas ………………………………………………………………………….         74

  1. Pentingnya Standarisasi Kantor …………………………………………………….. 78
  2. Dampak Ketidak Standarisasi Kantor …………………………………………….. 80
  3. Standarisasi Kendaraan Dinas ……………………………………………………….. 81
  4. Contoh Kasus

 

BAB 9 GIZI SEIMBANG DAN OLAHRAGA………………………………….         85

  1. Lemak Dan Minyak ……………………………………………………………………… 85
  2. Karbohidrat ………………………………………………………………………………… 88
  3. Zat Besi dan Garam Beryodium ……………………………………………………. 90
  4. Gizi dan Kerja Sehat Orang Perkantoran  ……………………………………….         93
  5. Olahraga yang Teratur ………………………………………………………………….. 101
  6. Contoh Kasus

 

DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………….       105

Glosarium…………………………………………………………………………………………       106

Indeks………………………………………………………………………………………………       109

LAMPIRAN

Mengamati Pekerjaan Kantor di Unnes…………………………………………………      110

Pekerjaan Kantor di Perusahaan……………………………………………………………      114

Tips Gizi Seimbang Pekerja Administrasi………………………………………………      118

Kesalahan Pekerjaan Kantor………………………………………………………………..      119

Biodata Penulis………………………………………………………………………………….       121

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: