Upacara Kemerdekaan dan Jaga Hati

 

Sepintas memang tidak korelasi atau kaitan antara variabel upacara kemerdekaan dengan jaga hati. Upacara kemerdekaan dihadiri oleh pejabat tinggi hingga pegawai biasa. Pastinya mereka berpakaian lengkap dengan asesoris dan atribut dengan sandi-sandi lembaganya. Apa kesannya saat mereka memakai baju kebesarannya? Jawabannya adalah gagah. Mulai dari kepala hingga kaki mereka pasti memakai penutup yang terbaik, terlebih di hari spesial.

Saat kita merasa gagah, mungkin kita lupa untuk menjaga hati. Menjaga hati yang seperti apa? Lupa sebenarnya kita kecil di mata Allah. Kita merasa besar saat kita di depan orang yang merasa kecil. Katakanlah, kita datang sebagai penerima penghargaan atau tamu undangan atau pula inspektur upacara, mungkin kita merasa hebat saat posisi di depan peserta upacara.

Jika perasaan gagah itu kita muncul, mari kita beristigfar bersama mungkin itu salah satu bagian terkecil penyakit hati. Lalu, bagaimana sikap kita? Saat kita di depan peserta, mari kita jaga hati dengan perbanyak istigfar atau merundukkan hati kita untuk merendahkan derajat kita di mata Allah.

Sepele memang rasa gagah itu muncul, namun efek perbuatan tersebut berdampak pada hati kita. Awal penyakit hati bisa jadi muncul dari perasaan ini. Perasaan ini harus kita bendung dengan kuat dengan perkuat iman. Apa pun jabatan kita selama kita hidup di dunia, pasti sifatnya sementara dan tidak abadi.

Mari kita jaga hati kita dengan perbanyak istigfar. Jaga perasaan kita saat kita menjadi pejabat. Apa pun perbuatan, tingkah laku, dan ucapan kita pasti di dengar oleh bawahan kita. Jika kita berkata kasar kepada bawahan kita, maka mereka akan kecewa. Apalagi saat kita berdiri dihadapa mereka dengan perasaan gagah, maka itulah awal penyakit hati.

Tulisan ini untuk mengingatkan diri saya sendiri dan keluarga agar senantiasa menjaga hati. Dan mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk pembaca. Tidak ada maksud untuk ngerasi orang lain. Semoga Allah menjaga hati kita. Amin

Semarang, 17 Agustus 2016

Agung Kuswantoro, email agungbinmadik@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: