Dialog dengan Diri

Saat membaca bab 2 buku Quantum Writing karya Hernowo (2016), Bab ini tentang perjalanan menjelajah diri: menulis bagi diri sendiri. Penulis memberikan tips yang sederhana kepada pembaca agar menuliskan tentang diri sendiri. Pembaca ingin menjadi seorang penulis, jangan takut dan grogi.

Jika, takut mengenai apa yang akan ditulis. Tulislah tentang diri sendiri. Ajaklah dialog diri kita. Maunya apa? Misal, saat ini ingin makan. Tulislah tentang keinginan makan. Mulai dari kapan makan? Dimana makannya? Dengan siapa makannya? Lauknya apa? Taksiran biaya makannya berapa? Dan pertanyaan lainnya.

Setelah ajak dialog, tulislah jawaban-jawaban di atas. Sudahlah, tulis aja. Jangan pusing, mikir kosa kata atau membuat rangkaian kalimat yang efektif. Tulis yang ada dibenak pikiran. Ikuti diri sendiri maunya kemana. Atau maunya makan apa. Sudah gitu aja.

Dengan sendirinya, kita akan belajar menulis. Pikiran kita akan terurai melalui menulis. Kita mampu menjabarkan dari aktivitas sederhana tadi. Kemudian, dirinci melalui kata-kata dan kalimat. Kita telah sedikit mengajak dialog diri kita sendiri.

Latihan sederhana seperti di atas sangatlah mudah. Kuncinya niat dan tidak takut. Niat mengajak diri sendiri untuk berdialog dan menulisnya. Tidak takut akan hasil tulisan, karena bercerita mengenai diri sendiri.

Menulislah, agar Anda mampu mengurai pikiran. Menulislah, untuk Anda merinci kegiatan yang masih belum terperinci. Menulislah, agar Anda lepas dari penat permasalahan. Menulislah, agar Anda menemukan diri sendiri. Cobalah, cobalah, dan cobalah.

Semarang, 12 Januari 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: