Korupsi dan Arsip

Oleh Agung Kuswantoro

Apa kaitannya KPK dengan ANRI? Pertanyaan tersebut sama halnya dengan apakah ada hubungan antara korupsi dengan arsip? Korupsi identik dengan uang. Sedangkan arsip identik dengan kertas. Lalu dimanakah korelasinya?

Detik edisi Kamis (9/2/2017) mengabarkan bahwa KPK dan ANRI bekerjasama dalam beberapa hal. Pertama, penyelenggaraan kearsipan secara berkualitas di kementerian/ lembaga dan badan usaha pemerintah. Kedua, pembinaan penyelenggaraan kearsipan, jasa pengolahan arsip dinamis, dan penyelamatan arsip statis (guna sejarah). Ketiga, pertukaran data dan litbang (penelitian dan perkembangan) mengenai korupsi.

Arsip sebagai bukti yang paling autentik dalam segala apa pun. Bukti arsip autentik yaitu saat ada permasalahan, selalu yang ditanyakan, mana buktinya? Mana dokumennya?

Itu pertanda, jangan dipandang sebelah mata sebuah “arsip”. Anda tahu berkas kasus Munir? Setahu saya hilang dokumennya. Anda tahu dokumen Supersemar? ANRI menyatakan dokumen tersebut masuk dalam Daftar Pencarian Arsip. Apa yang terjadi saat arsipnya hilang? Semua menjadi tidak terarah, karena tidak ada bukti.

Saya sangat mendukung kerjasama ANRI dan KPK. Sangat sinergis sekali. Data pasti autentik dan valid. Tidak diragukan lagi mengenai dokumennya. Arsip menjadi barang bukti yang ampuh. Terlebih kasus korupsi yang berkaitan dengan negara. Jelas, arsip ini sangat vital. Termasuk arsip statis. Jangan sampai hilang. Apa kata dunia nanti, pasti kasusnya tidak tuntas.

Mari, kita hargai arsip kita masing-masing. Apalagi arsip suatu lembaga, pasti memiliki nilai informasi. Jangan sampai hilang. Jika tidak mampu menatanya, minta bantuanlah pada lembaga yang berwenang, sebagaimana KPK ke ANRI. Semua saling menguntungkan. Itu semua demi negara kita.

Semarang, 14 Februari 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: