Menghormati Masa Lalu

Menghormati Masa Lalu

Oleh Agung Kuswantoro

 

 

Tiap orang pasti memiliki masa lalu. Ada yang masa lalunya itu menyedihkan atau kegalauan. Ada juga yang bahagia. Biarlah masa lalu berjalan apa adanya. Saat kita sekarang masih hidup, seakan-akan masa lalu itu seperti melihat kaca spion saat kita naik kendaraan. Cukup dilihat saja, jangan membalik untuk mengulanginya. Terlebih kisahnya memilukan atau menyedihkan.

 

 

Dulu menangis, sekarang  tersenyum. Saat keadaan sekarang tersenyum, sedangkan keadaan masa lalunya menangis, maka cukup sekedar mengingatkan saja. Atau, menghilangkan masa lalu yang menyedihkan dengan “mengelap kaca spionnya”, sembari berdoa, “Ya Allah berilah kekuatan kepada saya untuk melangkah kehidupan. Biarlah aku bersihkan spion ini, hanya melihat masa laluku, namun aku akan berjalan dengan kendaraan dengan hati-hati. Sesekali melihat spion, agar tidak terjerumus pada masa lalu yang kelam. Agar aku bisa berjalan lancar dan selamat”.

 

 

Mari hargai masa lalu kita. Jangan ejek masa lalu kita. Jelek biarkan masa lalu jelek, asalkan ke depannya tidak jelek lagi. Kita berkendara (naik kendaraan), pasti ada yang melihat. Saat masa lalu jelek, maka orang lain pun melihat kejelekan kita dulu. Tak apalah jika sudah terjadi. Yang terpenting, jangan sampai masa lalu jadi “hantu” untuk takut berjalan ke depan. Yang pernah melihat masa lalu atas kejelekan seseorang, janganlah diceritakan atau diumbar kepada orang lain. Doakanlah, semoga ke depan akan ada masa depan yang menyenangkan. Amin.

 

 

Jatinegara, 23 April 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: