“Pengelola” Arsip Pun Berkonferensi

“Pengelola” Arsip Pun Berkonferensi

Oleh Agung Kuswantoro

 

 

Menata arsip tidaklah mudah. Dibutuhkan kebijakan, pedoman, dan sumber daya yang mendukungnya. Jika melihat bendanya, maka arsip menjadi objeknya, sedangkan orang yang mengelola adalah subjeknya. Jadi, orangnya (baca: pengelola arsip) perlu berkumpul untuk berbicara arsip di lembaganya.

 

 

Lembaganya adalah perguruan tinggi. Perguruan tinggi adalah “replika” ANRI dalam mengelola arsip di tinggat Negara. Dikatakan “replika” karena tugasnya mirip dengan ANRI, karena mengelola arsip statis perguruan tinggi.

 

 

Perguruan tinggi memiliki kategori yang berbeda-beda. Ada yang sudah PTN Badan Hukum, akreditasi A, dan akreditasi B. Belum lagi sudah ada yang lembaga yang membentuk UPT Kearsipan, dan ada pula yang masih bergabung dengan Tata Usaha.

 

 

Ternyata, “pengelola” arsip tak sekedar berkonferensi tetapi juga berkumpul untuk saling memberikan kekuatan yang ada lembaganya. Sehingga perlu nama yang tepat mengenai komunitas atas perkumpulan tersebut. Adapun namanya Perkumpulan Arsip Perguruan Tinggi. Konferensi ini memberikan manfaat yang besar bagi saya. Selaku pengelola arsip perguruan tinggi. “Suntikan semangat” untuk kembali mengatur dan menata arsip-arsip perguruan tinggi.

 

 

Terima kasih ilmunya kepada para pembicara yang special yaitu Bapak Mustari dan Bapak Nanang, dan pembicara lainnya (lupa namanya yang ari Kemenristekdikti dan KemenPAN-RB. Moderatornya sangat bijak yaitu Bapak Ade Soebandi. Bu Anon, pemikirannya sangat luas terkait kearsipan. Beliau tidak hanya berbicara teknis mengelola kearsipan, tetapi konsep-konsep dan kaidah-kaidah kearsipan.

 

Demikian kesan saya dalam konferensi nasional kearsipan pada tanggal 21 April 2017 di UNPAD. Semoga bisa saya aplikasikan di lembaga saya. Dan “virus” dalam penata arsip selalu “membara” dalam mengelola arsip di perguruan tinggi.

 

Semarang, 23 April 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: