“Menyampaikan” (Dakwah) Karena Allah

“Menyampaikan” (Dakwah) Karena Allah

Oleh Agung Kuswantoro

 

 

Setiap orang yang berilmu, wajib menyampaikan ilmunya kepada orang yang belum memahami akan ilmu tersebut. Apa pun ilmunya, jika kita pandai matematika, lalu ada orang yang belum mengetahui cara menghitung, maka ajarilah, karena “menyampaikan” sudah menjadi tanggung jawabnya.

 

 

Jika kita pandai atau mampu mengurus jenazah, sedangkan tidak ada orang yang belum memahaminya. Maka sampaikan ilmu itu kepada masyarakat. Tidak harus dengan ilmu yang “banyak” tentang mengurus jenazah. Sampaikanlah dengan sedikit demi sedikit.

 

 

Kewajiban penyampaian ilmu bagi yang memiliki ilmu menjadi suatu yang harus dilakukan. Jangan sampai satu masyarakat, tidak memahami satu ilmu, hanya karena tidak menyampaikan. Sampaikanlah.

 

 

Dalam menyampaikan ilmu berniatlah karena Allah. Jangan karena manusia untuk mendapat pujian atau gengsi. Pujian agar mendapatkan simpati atas ilmu yang dimilikinya. Gengsi agar diakui keberadaannya di masyarakat. Hal ini sama sekali tidak benar.

 

 

Niat karena Allah. Panggilan “menyampaikan” ilmu karena ilmu itu milik Allah. Dengan cara seperti itu, kita akan kuat saat “penyampaian” kita tidak diterima oleh orang sekitar atau masyarakat. Dalam hati dia (pendakwah/penyampai pesan) sudah menjadi kewajiban untuk menyampaikan suatu ilmu.

 

 

Jadi niat menjadi “kekuatan utama” sebagai penyampaian ilmu. Jika niatnya tidak karena Allah, pasti akan merugi kelak. Ia akan ditinggalkan Allah. Masih mending ditinggalkan manusia. Tetapi, kalau ditinggal Allah, kita akan “sengsara” dalam kehidupan. Waallahu’alam.

 

 

Bali, 23 Mei 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: