Meluruskan Acara Halal Bihalal

Meluruskan Acara Halal Bihalal

Oleh Agung Kuswantoro

 

Halal Bihalal adalah adat yang ada di Indonesia. Tradisi ini sudah mengakar di Negara kita. Saya kurang tahu, kapan budaya ini, muncul. Yang saya tahu, halal adat ini muncul setelah umat Islam berpuasa selama satu bulan penuh. Setelah itu, mereka bersalaman untuk memaafkan.

 

Mereka berkumpul menyelenggarakan acara, sebagaimana adat tersebut. namun dalam perkembangannya, miris saya. Acara yang intinya sangat bagus yaitu memaafkan kepada sesama manusia, namun di tengah acara tersebut disuguhi dengan acara (maaf) musik dengan jogetan yang notabene tidak Islami denga biduan yang berpenampilan yang (maaf) seksi pula.

 

Kalau keadaan seperti ini, jadi kurang tepat menurut saya. Ibarat HP, casing bagus, mesinnya juga bagus. Halal bihalal adalah kegiatan bagus, acaranya juga harus bagus. Jangan, mesin HP bagus, tetapi casingnya jelek. Jelas tidak pas.

 

Lalu bagaimana? Buatlah acara yang bagus. Pilih runtutan acara yang benar sesuai dengan kaidah Islam. Jangan mencampurkan yang bukan Islam dalam kegiatan yang baik. Eman-eman. Biar terjaga nilai ibadahnya.

 

Tulisan ini bukan untuk menyindir. Siapalah saya? Saya paham, siapa diri saya. Minimal kita menjaga diri sendiri. Jaga puasa kita selama satu bulan yang kemarin, agar Allah selalu ada di hati kita. Jika situasi sudah seperti acara yang digambarkan di atas, lalu apakah Allah hadir diacara tersebut? wallahu ‘alam.

 

Semarang, 1 Juli 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: