Dosen dan Tol (Fungsional)

Dosen dan Tol (Fungsional)

Oleh  Agung Kuswantoro

 

 

Mudik dan arus balik lebaran tahun 2017 sedang berlangsung. Orang-orang “berlomba” mencari jalur-jalur perjalanan yang mengasyikkan. Mereka menghindari kemacetan, karena keramaian ada dimana pun. Oleh karena, tahun ini pemerintah membuat kebijakan dengan mengoperasionalkan tol fungsional Brebes hingga Gringsing.

 

 

Saya yang aslinya, Pemalang pun melihat kondisi tol tersebut. Memang belum layak dinamakan tol atau jalan, karena hanya tanah yang dipadatkan. Kecepatan maksimal mobil melaju pun sekitar 40 km/jam. Pelan, tidak bisa ngebut. Apalagi menyalip. Itu pula hanya searah. Waktu musim mudik, jalur yang dibuka dari arah Brebes ke Gringsing. Sekarang, waktu arus balik yang dibuka dari arah Gringsing ke Semarang. Jalurnya hanya searah. Itulah tol fungsional. Orang menyebutnya “jalan darurat”.

 

 

Fungsional dapat dikatakan darurat. Menurut KBBI versi online fungsional bermakna (1) berdasarkan jabatan, (2) dilihat dari segi fungsi. Jika saya maknai fungsinal adalah sesuai dengan fungsi. Berarti tol fungsional yaitu jalan tol yang sesuai dengan fungsinya. Bukan secara darurat.

 

 

Mengapa, saya memaknai fungsional dari sisi “tol” karena, profesi saya adalah dosen. Dimana dosen juga suatu profesi yang fungsional. Dimana fungsinya adalah mengajar, meneliti, dan mengabdi. Jelas professional sekali. Tidak dimaknai profesi yang darurat.

 

 

Saya pun penasaran, mengapa disebut dengan tol fungsional? Mungkin, jika sudah jadi 100% baru dikatakan berfungsi. Masih darurat saja, digunakan. Apalagi sudah jadi layaknya tol Cikampek. Jelas “fungsi”. Tidak darurat lagi dan fungsional.  Itulah makna fungsional.

 

 

Jadi, dosen itu fungsional sebagai profesi yang dengan syarat yang telah ditentukan oleh Undang-undang. Demikian tol, akan menjadi fungsional, jika sudah 100%. Jadi, sekarang, masih dinamakan tol darurat atau pengurai kemacetan. Tol saja fungsional, apalagi profesi dosen. Waallahu’alam.

 

 

Semarang, 30 Juni 2017

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: