Dakwah: Ustad (Kiai) Lucu

Dakwah: Ustad (Kiai) Lucu

Oleh  Agung Kuswantoro

 

 

Fenomena model pengajian yang disenangi oleh masyarakat beragam. Yang paling disenangi oleh masyarakat – menurut saya – yaitu ustad (kiai) yang bisa membuat jamaah tertawa (baca: lucu). Ustad yang lucu bisa memberi daya tarik tersendiri bagi jamaah.

 

Dalam konteks public speaking disebutkan bahwa tugas utama pembicara adalah mengambil hati pendengar. Ustad adalah speaker atau public speaking yang terampil berhadapan dengan jamaah.

 

Me-lucu adalah salah satu trik untuk mengambil hati. Bolehlah ngelucu, tetapi jangan berlebihan. Konteksnya tetap disampaikan berupa materi dakwah atau ajakan-ajakan bernilai Alquran dan Alhadis.

 

Memang jamaah memiliki karakteristik tersendiri. Ada yang serius, santai, dan slow. Sehingga dalam menyampaikan materi dakwah pun membutuhkan strategi. Ada yang model seperti kuliah – orang menyebut pengajian intektual – seperti yang dibawakan oleh Prof. Quraisy Shihab.

 

Itulah dakwa dengan gayanya masing-masing. Intinya, lihatlah kondisi pendengar (jamaah) kita. Dakwah, bukan sekedar ngelucu. Perbanyak materi dakwah, dengan contoh yang nyata. Meskipun materinya sedikit. Dakwah adalah ajakan ke arah kebaikan. Lucu sebagai “bumbu”. Biasakan dan latih masyarakat agar terbiasa menerima materi dakwah dengan apa adanya, bukan banyak bumbu-bumbu lucunya. Saat ada orang yang bertanya, apa materi ustad yang disampaikan di pengajian itu? Jangan sampai ia menjawab dengan satu kalimat yaitu “ustadnya lucu”. Bukan materi yang diingat oleh jamaah, tetapi nge-lucu-nya yang diingat oleh jamaah. Waallahu’alam.

 

 

Semarang, 7 Juli 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: