Peran Ketauhidan

Peran Ketauhidan

Oleh  Agung Kuswantoro

 

Pemuda-pemuda yang dikenal dengan sebutan Ashabul Kahfi saat berdiri dihadapan Raja Dikyanus (Decius) yang dzalim dan menyombongkan diri mengatakan bahwa Tuhan kami (Ashabul Kahfi) adalah Tuhan langit dan bumi. Kami tidak menyeru Tuhan, selain Dia.

 

Perhatikanlah kalimat yang disampaikan oleh mereka. Apa komentar Anda? Kalau menurut saya, mereka itu kekeh atau berprinsip. Mereka memiliki keyakinan dan cara pandang yang sangat kuat. Padahal, mereka  berbicara dihadapan raja. Rajanya menyembah, selain Allah dan ia (Raja) terkenal sombongnya, namun mereka berani mengatakan seperti itu. Menantang, mungkin itu kalimat yang tepat.

 

Bayangkan, anak muda menjawab atau menegaskan suatu pernyataan dimana berisi berbeda keyakinan terhadap rajanya. Menjawabnya pun dengan tegas. Coba, kalau yang berbicara kepada raja adalah Anda atau orang lain seperti saya. Belum tentu berani.

 

Contoh diatas menurut saya adalah simbol. Raja bisa dimaknai teman, jabatan, saudara, atau segala sesuatu yang berkaitan dengan dunia. Lalu, kita masih mengesakan Allah sebagai tuhan. Kita menyampingkan kepentingan-kepentingan “raja-raja” lain, selain Allah.

 

Berharap dan berdoalah agar kita seperti pemuda yang berada di gua. Mereka berpendirian kuat dan kekeh atas keyakinannya. Mereka tak menjadikan sesuatu yang kecil menjadi tuhannya. Mereka tak menjadikan uang, pekerjaan dan urusannya menjadi tuhannya. Mereka tidak mengucapkan, “maaf Tuhan, kami sedang sibuk!’. Saat sibuk, begitu mudahnya meninggalkan Allah dengan menunda dan (bahkan) tidak sholat. Yang dicari hasil, hasil, dan hasil. Allah dinomor duakan.

 

Peran itulah yang saya tangkap dari perkataan Ashabul Kahfi. Pesan tentang ketauhidan. Allah itu Esa. Tidak ada tuhan, selain Tuhan. Tidak ada tuhan, selain Allah. Allah, Allah, dan hanya Allah yang dijadikan Tuhan. Bukan pekerjaan, status (kedudukan), ataupun kesenangan dunia yang lainnya, sehingga menjadikan lupa pada-Nya.  Waallahu’alam.

 

 

Semarang, 10 Juli 2017

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: