Mohon Kita Termasuk Orang Yang Diberi Petunjuk

Mohon Kita Termasuk Orang Yang Diberi Petunjuk

Oleh Agung Kuswantoro

 

 

Petunjuk Allah tidak diberikan secara cuma-cuma (gratis) kepada setiap orang. Hanya Allah-lah yang hanya memberi petunjuk. Manusia, meskipun pejabat, orang berpengaruh, atau keluarga itu hanya sekedar arahan saja. Bisa jadi, petunjuk Allah berbeda dengan pendapat mereka.

 

Contoh kisah Ashabul Kahfi bukti petunjuk Allah diberikan padanya. Petunjuk untuk masuk (bersembunyi) di gua. Mungkin kebanyakan manusia tidak tertarik dengan gua yang dianggap pengap dan sempit. Tetapi, justru petunjuk Allah mengarahkan ke gua.

 

Petunjuk Allah diberikan kepada hambanya yang dekat dengan-Nya. Dalam surat Al Kahfi ayat 17 dikatakan “Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka dialah yang mendapat petunjuk, dan barang siapa yang disesatkan-Nya maka kamu tak akan mendapatkan seorang pemimpin pun yang memberi petunjuk kepadanya”. Jadi, sangat jelas bahwa, petunjuk itu tidak berasal dari pemimpin. Asumsinya pemimpin adalah manusia. Petunjuk yang terbaik berasal dari Allah. Oleh karenanya, rajin-rajinlah berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah agar mendapatkan petunjuk-Nya. Waallahu’alam.

 

 

 

Semarang, 15 Juli 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: