Menakar Kepemimpinan Diri Sendiri

 

Menakar Kepemimpinan Diri Sendiri

Oleh Agung Kuswantoro

 

 

Dalam dimensi kepemimpinan ada 3 komponen yaitu pemimpin, pengikut, dan situasi. Dalam pertemuan awal atau di modul telah dijelaskan secara detail mengenai definisi kepemimpinan.

 

 

Dari definisi-definisi dan konsep-konsep kepemimpinan,  cobalah Anda pahami maknanya, lalu refleksikan dalam diri Anda. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:

  1. Dari 3 dimensi itu (pemimpin, pengikut, dan situasi), apakah ada jiwa kepemimpinan dalam diri Anda? Jika ada terangkan dan jelaskan disertai dengan bagan.
  2. Lihatlah situasi keluarga Anda (Bapak, Ibu, atau saudara Anda), adakah yang Anda kagumi kepemimpinannya? Jika ada, terangkan berdasarkan konsep-konsep kepemimpinan.
  3. Anda lebih suka mana antara menjadi pemimpin atau pengikut? Kemungkinan pendapat Anda dengan detail terkait alasan pertanyaan tersebut. Jangan lupa disertai dalil-dalil atau teori-teori yang mendukung, mengapa Anda memilih sebagai pemimpin/pengikut?
  4. Sebagai wujud rasa bangga Anda terhadap kepemimpinan di keluarga (kampus) Anda, apakah yang Anda lakukan? Lihatlah jawaban Anda dari teori-teori yang ada. Bukan mengarang indah, namun perhatikan point-pointnya. Jelaskan dengan detail dan lengkap, rasa bangga Anda terhadap kepemimpinan Anda.

 

 

Kerjakan pertanyaan-pertanyaan tersebut di buku, beserta tugas yang kemarin dilampirkan. Jika itu sudah diprint, ditempel dibuku tersebut. Kumpulkan pada hari Jum’at tanggal 29 September 2017. Selamat mengerjakan.

 

 

Semarang, 26 September 2017

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: