Apa Itu Dosa dan Kebaikan?

Apa Itu Dosa dan Kebaikan?

Oleh Agung Kuswantoro

 

Kita sering mendengar kata dosa dan kebaikan. Namun, apakah kita tahu, apakah itu kebaikan. Dan, apakah itu dosa? Hadist ke-27 dari kitab, hadis Arbain Nawawi, diterangkan bahwa, kebaikan adalah akhlak yang baik, sedangkan dosa adalah yang terasa menganggu jiwamu dan saat pekerjaan itu terlihat oleh orang lain, maka engkau tidak suka. (HR. Muslim).

 

Hadist diatas, diperjelas dengan hadist yang diriwayatkan oleh Wabishah bin Ma’bad yaitu kebaikan adalah apa yang jiwa dan hati tenang karenanya, sedangkan dosa apa yang terasa mengganggu jiwa dan menimbulkan keragu-raguan dalam dada, meskipun orang memberi fatwa kepadamu, dan membenarkannya.

 

Dari kedua hadis tersebut, ada beberapa ciri kebaikan yaitu (1) akhlak yang baik, (2) pekerjaan jika dilakukan terasa jiwa dan hati tenang. Sedangkan ciri dosa adalah (1) pekerjaan tersebut jika dilakukan terasa terganggu jiwa/hati, (2) pekerjaan tersebut jika terlihat orang lain, kita merasa tidak suka, (3) hati merasa ragu, meskipun orang sudah mengingatkannya.

 

Kata kunci baik dan dosa ada pada hati. Hati atau “jiwa” menjadi kunci dalam menentukan mana pekerjaan yang baik dan dosa. Hati menjadi kekuatan untuk menentukannya. Jika, kita melakukan pekerjaan dengan hati tenang, berarti itu kebaikan, sedangkan kita melakukan pekerjaan dengan hati tergesa-gesa atau ragu, berarti itu dosa. Mari kita bentengi hati kita, agar selalu berbuat kebaikan. Amin.

 

 

Yogyakarta, 9 November 2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: