Buku Metodologi Penelitian Yang Enak “Dicemil”

Buku Metodologi Penelitian Yang Enak “Dicemil”

Oleh Agung Kuswantoro

 

 

Judul Buku       : Metodologi Penelitian: Penelitian Bisnis & Pendidikan

Penulis             : Agus Wahyudin

Penerbit          : UNNES Press

Tahun              : 2015

ISBN                 : 978 602 285 063 2

 

 

Membaca buku Metodologi Penelitian: Penelitian Bisnis & Pendidikan, karya Dr. Agus Wahyudin, M.Si, saya merasakan begitu enak dan nyaman. Mengapa? Karena, penulis seakan-akan menuntun saya untuk memahaminya, dengan cara “ramuan” yang sederhana.

 

Penulis yang saya kenal kuat pada filsafat ilmunya. Terbukti pada bab I Pendahuluan. Penulis begitu “menggebu” memaparkan mengenai filsafat ilmu. Saya pun hanyut dalam pemaparannya. Inilah dasar dan gaya yang khas dibawakan olehnya. Namun, pemaparannya sangat jelas dengan bahasa  yang renyah. Kepiawaiannya dalam merangkai kata dan kalimat, begitu mengena. Namun, dalam hal ini, penulis tidak mengungkapkan rasa puitisnya, karena penulis punya kelebihan dalam hal bahasa puitis.

 

Kelebihan dari buku ini adalah contoh-contohnya. Terlihat sekali, konsep dan contohnya. Runtut. Dan, yang dicontohkannya adalah penelitian-penelitian yang terjadi disekitar kita. Saya yang awam metodologi penelitian pun, jadi tahu dan belajar konsep-konsep dalam metodologi penelitian.

 

Buku ini cenderung ke penelitian kuantitatif. Saya yang “penggemar” penelitian kualitatif, merasa dituntun agar mengetahui penelitian kuantitatif. Buku ini sangat cocok untuk dosen, mahasiswa, dan peneliti dalam memahami metodologi penelitian. Memang ada beberapa, salah ketik, kurang huruf, atau tanda baca yang kurang sesuai dalam buku tersebut. namun, itu semua tidak mengurangi rasa untuk mempelajari isi ‘konteks” buku ini. Sekali lagi, buku ini enak dan renyah untuk dibaca. Cocok untuk “cemilan” bagi orang yang ingin belajar metodologi penelitian seperti saya. Terima kasih Dr. Agus Wahyudin.

 

Yogyakarta, 9 November 2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: