Ingin Buat Diaroma UNNES

Ingin Buat Diaroma UNNES

Oleh Agung Kuswantoro

 

Diaroma adalah sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau adegan (Wikipedia). Misalnya, diaroma dalam Monumen Jojga Kembali, yang menggambarkan suasana gedung agung (Istana Kepresidenan RI tahun 1959).

 

Itulah pesan yang saya tangkap selama workshop SIKD, kunjungan di arsip UGM dan museum Soeharto di desa Kemusuk, Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan ole ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia). Selama acara tersebut, dalam hati, saya bertanya pada diri sendiri. Adapun pertanyaannya, “Apakah kita bisa membuat diaroma UNNES? Dimana, metamorfosis UNNES  sangat panjang, dimulai sejak tahun 1965?

 

Itulah, tantangan saya dan teman-teman UPT Kearsipan. Membuat diorama, bahannya harus kuat dulu dan mendiskripsikan sebuah arsip harus valid. Berarti, arsipnya harus ada dulu. Diaroma tidak bisa ada, kalau arsipnya hilang.

 

Saatnya, untuk mengumpulkan arsip-arsip statis UNNES untuk menyusun diaroma UNNES. Menarik menurut saya. Meruntut dan membuat sejarah perjalanan UNNES. Menantang? Pasti. Namun itulah salah satu tugas UPT Kearsipan UNNES.

 

Yogyakarta, 10 November 2017

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: