Sarana Menuju Ke Surga (2)

Sarana Menuju Ke Surga (2)

Oleh Agung Kuswantoro

 

Setelah Nabi Muhammad SAW menyampaikan tentang pintu-pintu surga, kemudian Nabi Muhammad SAW bertanya kepada Mu’adz, “Hai Mu’adz, maukah saya tunjukkan pokok dari segala perkara, tiang, dan puncaknya?” Nabi Muhammad SAW melanjutkan dengan jawabannya, yaitu “pokok sebuah perkara adalah Islam, tiangnya adalah sholat, dan puncaknya adalah jihad”.

 

Perbincangan antara Mu’adz dan Nabi Muhammad pun belum selesai. Kemudian, Nabi Muhammad SAW berkata kepada Mua’adz “Maukah saya beritahu sesuatu yang jika kalian laksanakan akan dapat memiliki semuanya?” Maksud dari memiliki semua itu yaitu Islam, sholat, dan jihad. Nabi Muhammad SAW langsung memegang lisannya. Lalu, mengatakan “Jagalah ini dari perkataan kotor/buruk”.

 

Jawaban Nabi Muhammad SAW menegaskan, bahwa pentingnya menjaga lisan, menjaga lisan dapat mengantarkan kepada perbuatan baik. Sebaliknya, akibat dari tidak menjaga lisan menyebabkan seseorang dapat terjungkal wajahnya di neraka di atas hidungnya.

 

Jika saya runtutkan dari hadist yang kemarin kita bicarakan, bahwa hadist ini maknanya, bisa dikatakan, Nabi Muhammad SAW memberikan dalil mengenai sholatul lail. Hadist ini belum selesai, masih ada lanjutannya. Waallahu’alam.

 

 

Semarang, 19 November 2017

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: