Panggilan

Panggilan

Oleh Agung Kuswantoro

 

Sudah menjadi pekerjaan rutin saya yaitu mengimani sholat subuh dan memberi kajian singkat (kultum) setelah sholat Subuh. Saya merasa senang dan tenang melakukannya. Bangun pagi sudah menjadi rutinitas saya dan keluarga saya. Minimal jam 4 pagi bangun. Jika lebih dari jam 4, maka dapat dipastikan tidak berangkat ke masjid.

 

Saat ke masjid, Alhamdulillah sudah ada jamaah yang sudah ada di masjid untuk Adzan dan pujian. Sesekali, saya datang duluan, karena belum ada yang adzan. Malamnya atau subuhnya, secara tidak langsung kitab tafsir Yasin dan tajwid saya siapkan. Tafsir Yasin dikaji pada hari Senin hingga Jum’at. Kitab Hidayatussibyan (tajwid) dikaji pada hari Sabtu dan Ahad. Sepulang dari masjid, saya mengikat kegiatan saya dengan menuliskan materi-materi yang telah disampaikan kepada jamaah melalui grup “jamaah” kajian Subuh dan Facebook.

 

Itulah rutinitas saya. Tujuannya sederhana yaitu belajar dan mendekatkan diri kepada Allah. Syukur, ada orang lain yang mau bergabung untuk sholat berjamaah dan mengaji. Kegiatan ini semua, Allah-lah yang menilai. Bukan, pengurus/takir masjid atau masyarakat.

 

 

Semarang, 24 Maret 2018

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: