Iman Kepada Kitab (1): Kitab-kitab

Iman Kepada Kitab (1): Kitab-Kitab
Oleh Agung Kuswantoro

Rukun iman yang ketiga yaitu iman kepada kitab-kitab Allah. Setelah memahami hakikat mengimani kepada Malaikat, tahapan berikutnya adalah iman kepada kitab.

Penegasan yang pertama adalah kitab-kitab. Bukan, kitab saja. Mengapa? Karena, jumlah kitab yang wajib diimani itu tidak satu saja. Tetapi, lebih dari satu.

Sehingga, istilahnya adalah kitab-kitab. Dalam bahasa Arab adalah kutub. Sedangkan, kitab itu adalah adalah masdarnya. Yang memiliki makna adalah sesuatu yang ditulis didalamnya. Pada awalnya, berbentuk shohifah/lembaran bersama tulisan yang ada didalamnya.

Menurut syariat, bahwa kutub/kitab-kitab adalah kalam Allah yang diwahyukan kepada rasul-Nya agar mereka menyampaikan kepada manusia dan yang membacanya bernilai ibadah.

Jadi, konsep yang perlu dipahami adalah kitab-kitab/kutub. Bukan, kitab. Kitab adalah masdarnya. Kutub adalah jamak dari kitab. Kitab adalah sesuatu yang ada dalam tulisan. Awalnya, kitab berupa lembaran/shohifah.

Lalu, yang menerima kutub adalah para rasul-rasul yang telah dipilih oleh Allah. rasul-rasulNya tersebut memiliki kewajiban untuk menyampaikan kepada umatnya pada waktu itu. Bagi yang membaca kitab-kitab, maka akan mendapat pahala. Wallahu ‘alam.

Semarang, 19 Judas Tasaniah 1440 H.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: