Kisah Inspiratif, Mas Bela

Kisah Inspiratif, Mas Bela
Oleh Agung Kuswantoro

Saya merasa terharu saat istri (lu’lu’ Khakimah) memberitahu, bahwa Mas Bela datang ke rumah untuk memberikan sedekah uang ke Madrasah.

Mengapa saya terharu? Saya menduga/menebak, bahwa uang tersebut adalah gaji yang ia terima selama mengajar di Madrasah dari tahun Januari 2017 hingga Januari 2020. Gajinya memang tidak banyak.

Laporan dari bendahara Madrasah bahwa, sedekah Mas Bela sebesar Rp. 600.000,00. Nominal ini, menurut saya sangat banyak. Karena Mas Bela selama ini masuk dua hari dalam sepekan. Artinya, gajinya dia berkisar mulai Rp. 80.000,00 – Rp. 200.000,00. Bahkan, bulan tertentu tidak dibayar/digaji. Bisa dipastikan gaji tertingginya adalah bulan Januari tahun 2020, setelah Peraturan Madrasah ditetapkan, bahwa gaji Ustad adalah Rp. 200.000,00. Kemudian pada tahun sebelumnya itu gajinya relatif/berubah-ubah mulai Rp. 80.000,00 – 100.000,00 per bulannya.

Jadi, angka Rp. 600.000,00, bisa dipastikan gaji selama tiga tahun disedekahkan ke Madrasah. Memang konsep Madrasah adalah sosial. Sehingga, ia paham betul apa yang saya lakukan di Madrasah yaitu, perjuangan.

Ketulusan, keikhlasan, dan perjuangan Mas Bela harus saya dan Anda ditiru. Belum tentu saya dan Anda bisa seperti itu. Belum lagi, keaktifan dia pergi ke Masjid untuk melakukan sholat lima waktu. Sekarang, ia sudah kembali ke kampung halaman di Lampung. Saya yakin, ia berjuang hidup di sana.

Saya mengucapkan terima kasih atas pembelajaran hidup Mas Bela. Ia adalah guru saya dalam ketulusan, keikhlasan, dan perjuangan hidup. Sukses selalu untuk Mas Bela. Tetap semangat untuk sholat berjamaah di Masjid, dimanapun Mas Bela berada ya? []

Semarang, 29 Januari 2020

Catatan : Tulisan ini atas seizin Mas Bela. Tujuannya untuk memotivasi dalam berbuat baik, bukan untuk kesombongan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: