“Kulit” Kebijakan Pendidikan Tiap Jenjang Pendidikan

“Kulit” Kebijakan Pendidikan Tiap Jenjang Pendidikan
Oleh Agung Kuswantoro

Materi yang disampaikan oleh Prof. Fakhrudin, M.Pd membahas mengenai kebijakan pendidikan mulai dari PAUD, SD, SMP, dan SMA/SMK. Ternyata, masing-masing jenjang pendidikan memiliki permasalahan yang berbeda-beda. Namun, bisa dikatakan permasalahan tersebut mirip/identik dengan satuan pendidikan satu sama lain. Dimulai dari isu utama, lalu konsep satuan pendidikan, dan permasalahan yang terjadi di jenjang pendidikan tersebut.

Isu utama diantaranya ekuitas kebutuhan ragam belajar, kurikulum, manajemen guru, dan koordinasi pemerintah dan kebijakan.

Setelah isu muncullah pertanyaan-pertanyaan seperti: Siapa yang mengajar? Bagaimana sumber dana? Siapkah siswa belajar? Sarana apa saja yang disiapkan untuk belajar? Bagaimana kompetensi belajar? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Baru setelah itu, ada prinsip yang harus ada dalam jenjang pendidikan. Lalu, muncullah kebijakan pendidikan setiap jenjang pendidikan.

Itulah inti dari mata kuliah kebijakan pendidikan yang saya terima. Yang saya tulis hanya “kulitnya” saja. Belum secara detail. Ini hanya “pancingan” saya agar lebih giat lagi belajar kebijakan pendidikan. []

Semarang, 22 Mei 2020
Ditulis di Rumah, jam 05.00 – 05.30 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: