Ibadah Adalah Salah Satu Cara Hidup Sehat

Ibadah Adalah Salah Satu Cara Hidup Sehat
Oleh Agung Kuswantoro

Mau hidup sehat itu harus sadar dulu. Sadar dimulai dari diri sendiri. Bukan, berawal dari orang lain menjadi tidak tepat. Gaya hidup sehat, tetapi selalu diingatkan oleh orang lain. Artinya, diri orang tersebut belum menyadari akan makna hidup sehat.

Awalilah hidup sehat itu dari diri Anda sendiri. Caranya, bagaimana? Kenali diri Anda sendiri, Anda harus kenal betul diri Anda. Jangan sampai orang lain mengetahui informasi yang ada dalam diri Anda, namun Anda tidak – sadar – mengetahuinya.

Meminjam istilah “Johari Window”, bahwa ada empat daerah dalam diri setiap orang. Mengenali diri sendiri itu, termasuk dalam daerah terbuka. Artinya, segala sesuatu mengenai diri saya itu sayalah yang mengetahui.

Contohnya: saya penyuka makanan pedes dengan level 3. Namun jika ia makan makanan pedes pada level 5, maka resiko yang dihadapinya ia sudah siap. Apa itu? Diare atau sakit perut.

Misal lagi, orang yang memiliki gangguan lambung, maka saat Idul Fitri, tidak usah berburu “opor ayam” yang kental santan. Biasa saja. Apa sebab? Ya, betul. Jika terlalu banyak makanan bersantan, maka lambung menjadi sakit. Karena, yang bersangkutan memiliki penyakit mag.

Cara lain agar gaya hidup menjadi sehat adalah rajin beribadah. Rajin beribadah adalah “buah” kesadaran seseorang atas pemahaman suatu agama. Artinya, ibadah implikasi seseorang dalam pengamalan suatu agama.

Ibadah menjadikan otak itu “tajam” dan hati tenang. Imbang antara urusan dunia dan akhirat. Jika cita-citanya “setinggi” langit, namun tidak terwujud, maka penyeimbangnya adalah hati. Otak sudah bekerja, mati-matian. Namun keputusan ada di tangan Tuhan. Apabila cita-cita tidak terwujud, maka hatilah sebagai solusinya.

Beribadah adalah penyeimbang gaya hidup antara dunia dan akhirat. Cara ini lebih ampuh dalam kehidupan seseorang. Yang dibutuhkan oleh seseorang untuk level ibadah yaitu ilmu dan iman. Sehingga, berbuah kesadaran. Dari kesadaran itulah muncul gaya hidup sehat. Salah satunya, adalah beribadah.

Jadi kata kuncinya adalah kesadaran diri. Kesadaran diri menjadi sangat penting dalam gaya hidup sehat. Tanpa, ada orang yang mengingatkan atau “mengoprak-oprak” dalam hidup sehat. Semoga Anda, termasuk yang ada dalam kategori hidup sehat dengan cara beribadah.

Semarang, 26 Mei 2020
Ditulis di Rumah, jam 08.00 – 08.30 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: