Sehabis Ramadhan

Sehabis Ramadhan
Oleh Agung Kuswantoro

Sebentar lagi–empat hari–Ramadhan meninggalkan kita. Jujur, saya masih kebayang bulan suci tersebut. Meskipun, saya full beribadah di Rumah. Namun, rasanya bulan itu masih ada di hati.

Saat Isya tiba. Segera sholat Isya, Tarawih, dan Witir. Saat Sahur, segera menyiapkan makanan. Dan, saat Magrib, saya berbuka puasa. Itulah aktivitas yang saya lakukan.

Namun, saat Syawal datang. Mbokles, rasanya. Ramadhan sudah pergi. Ramadhannya yang pergi. Bukan, saya yang pergi. Karena, Ramadhan itu pasti datang lagi pada 11 bulan berikutnya.

Namun, apakah usia saya dan Anda bisa sepanjang 11 bulan lagi?

Semoga saya bisa mengambil hikmah bulan puasa kemarin. Terlebih, Ramadhan saat pandemi Covid-19. Demikian juga, Idul Fitri saat pandemi Covid-19.

Saya hanya manusia. Hanya bisa merencanakan. Allah yang memutuskan. Rindu Ramadhan. Semoga, hamba-Mu ini bisa dipertemukan pada Ramadhan 1442 Hijriyah. Amin.

Semarang, 27 Mei 2020

2 Komentar (+add yours?)

  1. Dillila Widdatina Viqtorinnada
    Sep 20, 2020 @ 11:35:09

    pak nama saya dillila widdatina viqtorinnada dari prodi pendidikan matematika, dengan nim 4101420132. saya ingin bercerita sedikit. saya adalah mahasiswa baru, dulu semasa SMA saya mondok di PPTQ Al-Asyariyah kalibeber wonosobo, semenjak kuliahini saya merasa waktu saya untuk mengaji sudah tidak sesering dulu. dikarenakan banyak tugas dan deadline,apalagi sedang masa ospek seperti ini. saya sering menangis saat saya murojaah dan rasanya sulit sekali. mungkin karena belum terbiasa, tapimenurut bapak bagaimana solusinya. terimakasih atas jawabannya

    Balas

    • agung kuswantoro
      Sep 20, 2020 @ 20:30:19

      coba biasakan bangun malam. tidur gasik. dan, diniati bangun malam. Karena disitulah awal sebuah pekerjaan. Aktiivitas Dillila adalah transisi dari masa SMA ke Perguruan Tinggi. Wajar. Insyaallah dengan cara rutin bangun malam akan lebih mudah. Coba saja. Disiplin,

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: