Lomba Simulasi Video Perkantoran Era New Normal

Lomba Nasional Video Simulasi Perkantoran
Oleh Agung Kuswantoro

Adanya pandemi Covid-19 bukan berarti pekerjaan kantor itu berhenti. Pekerjaan kantor tetap berjalan. Namun, orang yang bekerja harus menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Alasan itulah, jurusan Pendidikan Ekonomi konsentrasi Administrasi Perkantoran menyelenggarakan Lomba Video Simulasi Perkantoran Tingkat Nasional.

Agung Kuswantoro, selaku ketua kegiatan mengatakan perlombaan ini dalam bentuk Tim. Tim adalah wujud dari administrasi. Salah satu poin makna administrasi adalah sekelompok orang. Berarti dalam bekerja lebih dari satu orang.

Ada 9 tim yang mendaftar dalam lomba tingkat nasional tersebut yaitu SMK N 1 Banjarbaru, Kalimantan Selatan, SMK N 9 Semarang, SMK N 1 Kalimantan Selatan, SMK N 4 Klaten, SMK N 2 Semarang, SMK N 2 Magelang, SMK N Nurul Islam Cianjur Jawa Barat, SMK N 1 Yogyakarta, dan SMK Muhammadiyah 1 Tempel, Yogyakarta.

Dari kesembilan tim tersebut “disaring” menjadi 6 video sebagai finalis oleh dewan juri untuk dilakukan audensi dan menentukan pemenang. Adapun juri lomba pada saat audensi terdiri juri eksternal yaitu Dr. Ade Rustiana, M.Si (UNSIL) dan Chairul Huda Atma Dirgantara, S.Pd, M.Pd (UNS). Sedangkan juri internalnya adalah Dr. Nina Oktarina, S.Pd, M.Pd (UNNES), dan Hengky Pramusinto, S.Pd, M.Pd (UNNES). Hasil akhir untuk pemenangnya adalah juara 1 (SMK N 9 Semarang), Juara 2 (SMK N 2 Magelang), Juara 3 (SMK N 2 Semarang), Harapan 1 (SMK N 1 Banjarbaru, Kalimantan Selatan), Harapan 2 (SMK N 1 Palaihari, Kalimantan Selatan), dan Harapan 3 (SMK N 4 Klaten).

Acara tersebut diselenggarakan selama dua hari (15-16 September 2020). Final lomba video simulasi pekerjaan kantor dilakukan pada hari kedua (16 September 2020). Sedangkan pada hari pertama (15 September 2020) diselenggarakan workshop dengan tema “Pekerjaan Kantor di Era New Normal”. Adapun pembicaranya yaitu Dr. Sutirman, S.Pd, M.Pd (dosen pendidikan administrasi perkantoran UNY) dan Herman Setyawan, M.Sc (arsiparis teladan juara 1 tingkat nasional, ANRI).

Dr. Sutirman, M.Pd menyampaikan materi tentang “Pekerjaan Kantor Era New Normal”, sedangkan, Herman Setyawan, M. Sc. Menyampaikan materi “Organizational Change and Development”.

Acara ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi UNNES, Drs. Heri Yanto, MBA, Ph.D. Dalam sambutannya menyatakan Fakultas Ekonomi sangat peduli terhadap keadaan, melalui lomba ini akan menjadi informasi penting terkait cara melakukan pekerjaan kantor yang benar pada situasi pandemi Covid-19.

Acara yang oleh panitia ini diselenggarakan secara virtual/zoom meeting diikuti perserta yang berjumlah 90 orang dan tetap berada di sekolah masing-masing. Termasuk, pembicara dengan dewan juri.[]

Semarang, 18 September 2020
Ditulis di Rumah jam 03.00 – 03.30 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: