Pengembangan Lembaga

Pengembangan Lembaga
Oleh Agung Kuswantoro

Salah satu bentuk pengembangan lembaga terhadap pegawainya adalah pelatihan dan pendidikan. Individu (baca:pegawai) yang sedang melakukan pelatihan atau studi merupakan “investasi” bagi lembaga.

Teori Human Capital (HC) mengatakan bahwa individu yang berinvestasi dalam pendidikan dan pelatihan akan meningkatkan tingkat keterampilan dan lebih produktif.

Dengan “sekolah” atau studi lanjut, ia dapat meningkatkan “pemasukan” dan produktifitas, terutama dalam memberikan pengetahuan, keterampilan, dan menganalisis masalah.

Dengan demikian, investasi dalam bentuk “pendidikan” dan “pelatihan” merupakan bagian dari produktifitas individu atau lembaga.

Sudah berapa kalikah Anda melakukan pelatihan? Lalu, sudahkah dipraktikkan hasil pelatihan di lembaga Anda sebagai bentuk produktivitas di tempat Anda bekerja? Jangan sampai ikut pelatihan atau studi lanjut, namun produktivitasnya tidak ada. Ingat, organisasi/lembaga Anda adalah tempat yang membesarkan nama Anda dan yang telah memberikan salah satu pintu rejeki Anda. []

Semarang, 30 September 2020
Ditulis di Rumah jam 04.40 – 05.00 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: