Bermodal “Manusia”

Bermodal “Manusia”
Oleh Agung Kuswantoro

Ada yang menarik materi yang disampaikan mengenai MSDM dibidang kependidikan. Paradigma yang ditawarkan oleh Dr. Kardoyo, M.Pd adalah Human Capital (HC). Biasanya modal itu berupa tanah, uang, skill, dan manusia. Penekanan dalam kajian ini adalah manusia.

Manusia adalah modal utama. Modal yang sangat penting dalam suatu organisasi. Dalam suatu organisasi ada keunggulan “kompetitif” yang diunggulkan. Lembaga/organisasi pasti mengelolanya. Dalam lembaga, ada sumberdaya yang berwujud ada tidak berwujud. SDM adalah salah satu bentuk sumber daya organisasi yang berwujud.

Penyebaran sumberdaya HC dalam lembaga ada tiga yaitu keunggulan kompetitif, biaya, dan layanan. Ketiga sumberdaya ini harus diperhatikan oleh tiap organisasi/lembaga. Jangan sampai hanya mengunggulkan pada satu komponen saja.

Peranan manajemen dan kepemimpinan itu sangat penting dalam HC. Anda pernah mendengar istilah TRD dalam merk Toyota? Jika pernah, tahukah singkatan dari TRD yang melekat pada produk Toyota itu? Ya, betul TRD singkatan dari Toyota Research and Development. Artinya, Toyota memiliki pengembangan dalam produknya. Berarti, ada tim/orang yang bertugas untuk menginovasi suatu produk.

TRD inilah salah satu bentuk contoh HC. Manusia sebagai modal dalam mengembangkan organisasinya. Jadi, modal tidak harus uang banyak dan tanah luas lagi. Tetapi, modal berupa manusia yang pandai dan terampil itu sangat penting – terlebih – pada masa revolusi industri 4.0, dimana peran IT sangat dominan. IT hanya manusia yang bisa “mengotak-atik”. Bukan, IT “mengotak-atik” manusia. []

Semarang, 9 November 2020
Ditulis Di Rumah jam 21.20 – 21.40 WIB.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: