E-Arsip Sekolah: Tinjauan Difusi Inovasi Pendidikan

E-Arsip Sekolah: Tinjauan Difusi Inovasi Pendidikan

Oleh Agung Kuswantoro

Difusi ialah proses komunikasi inovasi antara warga masyarakat (anggota sistem sosial), dengan menggunakan saluran tertentu dan dalam waktu tertentu. E-Arsip sekolah adalah hasil inovasi yang dilakukan penulis saat ini. Karekteristik E-Arsip Sekolah yaitu manfaat relatif (menyimpan arsip sekolah digital), compability (informasi kepada pihak internal dan eksternal sekolah), triabilitas (uji coba di SMK kota semarang), observabilitas (komunikasikan ke pihak sekolah dan luar sekolah), complexity (arsip digital berupa administrasi sekolah).

Proses inovasi E-Arsip Sekolah yaitu (1) inisiasi/pengumpulan data arsip sekolah, (2) agenda/setting/bahan kajian arsip sekolah, (3) maching/penyesuaian konsep dengan data faktual di SMK kota Semarang.

Peran opinion leader sangat berpengaruh dalam sistem arsip sekolah. Karena kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan. Kepala sekolah dapat meminta tolong stafnya mengambil kebijakan. Kepala sekolah dapat meminta tolong stafnya mengenai data-data atau arsip sekolah kepada stafnya atau guru yang mampu atau biasa menangani kearsipan sekolah.

Kecepatan Adopsi E-Arsip Sekolah yaitu (1) Lebih mudah, efektif, dan efisien = sifat inovasi. (2) pilihan juntuk berubah à opsional. Yang didukung oleh kelompok di sekolah, (3) komunikasi vertikal dan horizontal à saluran komunikasi, (4) diskusi kearsipan sehingga ada aturan. Grup kearsipan sekolah, (5) Kepala sekolah sebagai usaha promosi yang didukung oleh wakil kepala sekolah, guru, operator, dan tim IT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: